Melangkah di Atas Rumput, Cara Sederhana Usir Penat




Melangkah di atas rumput basah bermanfaat bagi kesehatan. (REUTERS/David W Cerny )




Melangkah di atas rumput basah bermanfaat bagi kesehatan. (REUTERS/David W Cerny )



VIVAlife - Tak perlu jauh-jauh merencanakan liburan untuk menggelontorkan suasana hati yang penat. Cukup cari rumput, sinar matahari, dan hirup udara segarnya.


Rumput yang basah, dipercaya mampu membuat pikiran kembali tenang. Pagi hari saat rumput masih berembun adalah waktu tepat untuk mempraktekkannya.


Dilansir dari laman Health India, berikut beberapa manfaat “merumput”.


Memberi rasa damai


Udara segar dan matahari pagi mampu menimbulkan perasaan damai. Sebab, oksigen pagi hari membantu tubuh bekerja lebih baik. Sinar matahari pun membantu tubuh mengisi ulang vitamin D.


Saat kaki melangkah di atas rumput hijau, warnanya yang segar membantu merangsang tubuh memproduksi hormon yang menenangkan sekaligus membantu lebih rileks.


Merangsang organ tubuh


Kaki adalah zona refleksiologi. Rangsangan pada titik-titik tertentu dapat meringankan penyakit yang menyerang organ-organ di dalam tubuh. Saat kaki menginjak rumput, seluruh daerah itu dirangsang.


“Ketika kita berjalan, rumput akan merangsang ujung kaki, di mana ribuan ujung saraf berkumpul. Itu membantu tubuh tetap seimbang,” ujar konsultan senior di New Delhi, Dr Anjali Sharma.


Menetralkan energi listrik


Berjalan tanpa alas kaki di rumput membuat terhubung ke medan magnet bumi, yang memengaruhi seluruh medan listrik dan magnetik tubuh. Pertukaran energi itu membantu menetralisir impuls listrik negatif di dalam tubuh yang menyebabkan penyakit tertentu.


“Berendam” sinar matahari


Energi matahari merupakan sumber penyembuhan dan kekuatan restoratif. Ia membantu mensterilkan tubuh, mengencangkan otot-otot dan saraf, memasok seluruh tubuh dengan energi serta vitamin D.


“Dapatkan manfaat maksimal dari sinar matahari antara pukul 06.30 sampai 09.00 pagi, dan antara 16.30 atau 17.00 sampai sekitar 18.30 di malam hari,” kata Anjali. (adi)