Kotak Pos Bawah Laut: Cara Unik Berkirim Surat




Vanuatu Post, kotak pos bawah laut pertama di dunia. (http://ift.tt/Pl9OmM)




Vanuatu Post, kotak pos bawah laut pertama di dunia. (http://ift.tt/Pl9OmM)



VIVAlife - Kotak pos rasanya sudah cukup lama menghilang. Kantor pos pun berubah menjadi tempat penerima jasa mengirimkan barang, bukan lagi surat.


Ponsel pintar dan internet yang semakin mewabah, membuat surat tampak tak lagi menarik. Rindu dengan keluarga atau sahabat yang terpisah jarak, media sosial jadi solusi.


Jika di jalan-jalan, kotak pos tak lagi tampak menarik. Tidak dengan 4 tempat ini. Kotak pos justru jadi tujuan.


Bukan terletak di jalan-jalan besar. Kotak pos di tempat-tempat ini, dikelilingi oleh ikan dan terumbu karang yang cantik. Anda pun harus menyelam jika ingin mengirim surat. Berikut empat kotak pos di bawah air.


Vanuatu

Vanuatu Post merupakan kotak pos bawah air pertama di dunia. Terletak di cagar alam laut di Hideaway Island. Kotak pos ini tidak hanya sekadar pajangan.


Sebab, ia dikelola oleh karyawan pos yang juga bekerja di dalam air. Terletak di kedalaman 3 meter di atas air, kotak pos ini diletakkan di dekat pantai, sehingga Anda yang bukan penyelam masih bisa memasukkan surat ke dalam kotak pos tersebut dengan snorkeling.


Jepang

Di 33 kaki di bawah permukaan air, tepat di pantai tenggara Jepang, terletak sebuah kotak pos yang setiap harinya mampu mengirimkan 200 lembar surat. Kotak pos ini jadi tempat favorit penyelam saat ingin berkirim surat.


Kotak pos ini dibuat sebagai bagian dari pameran di tahun 1999 untuk mempromosikan Kumani Kodo, hingga akhirnya diubah menjadi koleksi bawah laut.


Kotak pos ini bahkan pernah meraih penghargaan sebagai Deepest Underwater Postbox oleh Guinness World Record pada tahun 2002. Saat itu, 32 ribu surat berada di dalamnya.


Malaysia

Tak ingin ketinggalan, Malaysia juga memiliki kotak pos bawah laut. Berada di Malaysia's Reef Dive Resort, kotak pos ini diklaim sebagai kotak pos bawah laut pertama di negara tersebut. Semua pesan yang dikirim melalui kotak pos ini akan dimasukkan dalam kantong plastik dan diberi cap pos dengan stempel khusus.



Amerika Serikat


Berada di St Thomas, Virgin Island Amerika Serikat, kotak pos bawah laut ini terletak di dalam Underwater Observatory. Jadi, berkirim surat di kotak pos ini Anda tidak perlu menyelam atau berbasah-basahan. (ren)


Sumber: Gadling