Dua Aplikasi Ini Bantu Anda Hindari Mantan Kekasih




Kini, wanita bisa mengecek apakah mantan kekasih mereka ada di sekitar lewat aplikasi. (iStock)




Kini, wanita bisa mengecek apakah mantan kekasih mereka ada di sekitar lewat aplikasi. (iStock)



VIVAlife - Merasa sulit menghindari mantan kekasih? Atau belum siap bertemu pasangan atau teman setelah bertengkar? Aplikasi ini mungkin bisa membantu Anda.


Sebab, ketika jejaring sosial lainnya membantu pengguna untuk terhubung satu sama lain, aplikasi ini justru menawarkan layanan untuk menghindari seseorang. Adalah Split, aplikasi yang dirancang dengan bantuan jejaring sosial Facebook untuk menghindari orang yang tidak ingin Anda temui.


"Semua orang pasti memiliki satu atau beberapa orang yang ingin mereka hindari," ujar CEO Split, Udi Dagan seperti dilansir kantor berita Reuters.


Cara kerjanya mudah. Anda cukup install Split pada iOS atau Android lalu msuk ke Facebook. Setelah itu, pilih orang yang ingin Anda hindari. Saat orang tersebut berada di dekat Anda, Split akan mengirimkan peringatan sekaligus menunjukkan rute alternatif pada peta untuk menghindari mereka.


Selain Split, ada juga aplikasi lain yang dapat menghindarkan Anda dari orang yang tidak ingin ditemui, yaitu Cloak. Aplikasi ini lebih unik, sebab ia akan mengirimkan pemberitahuan saat orang yang ingin Anda hindari berada 2 mil jauhnya. Cloak dirancang oleh Brian Moore dan mantan Direktur Kreatif situs berita sosial Buzzfeed, Chris Baker.


Pada dasarnya, dua aplikasi ini bekerja melalui jejaring sosial yang sudah ada. Split dan Cloak mengumpulkan data lokasi dari update jaringan sosial yang dimiliki.


Misalnya, saat orang yang ingin Anda hindari mengunggah foto melalui Instagram maka lokasi dimana ia berada akan dimunculkan oleh Instagram. Dari sanalah, Cloak mengetahui apakah Anda berada di dekatnya atau tidak. Begitu juga dengan Split yang mendapatkan data tambahan dari Facebook dan Twitter.


Sembunyikan Lokasi


Split juga mengumpulkan data dari orang yang menggunakan aplikasi mereka, sekaligus memungkinkan Anda untuk menyembunyikan lokasi di mana Anda berada. Dengan demikian, orang lain tidak akan bisa melihat apakah Anda sedang berada di dekat mereka atau tidak.


Meski dibuat untuk menghindari seseorang, pendiri kedua aplikasi ini tidak ingin disebut anti sosial.


"Anti sosial adalah ketika Anda tidak ingin melihat siapa pun. Tapi pada kenyataannya, setiap orang memiliki sisi di mana mereka hanya ingin sendiri," ujar Moore. (ren)