KONSULTASI: Ini Cara Cegah Batu Ginjal Muncul Kembali




Pada umumnya penyakit batu ginjal disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang membuat pola makan menjadi tidak teratur. (iStock)




Pada umumnya penyakit batu ginjal disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang membuat pola makan menjadi tidak teratur. (iStock)



VIVAlife - Batu ginjal bisa menyerang siapa saja, termasuk anak-anak dan dewasa. Beberapa faktor dituding menjadi penyebab batu ginjal ini. Mulai dari kurang minum hingga faktor keturunan. Seseorang yang pernah mengalami batu ginjal pun tetap harus waspada.


Tanya:


Dokter, dua tahun lalu saya menderita batu ginjal. Sekarang alhamdulillah sudah hilang batunya dan sehat kembali. Apakah dalam jangka dua tahun batu dalam ginjal dapat terbentuk kembali? Terima kasih, ditunggu jawabannya.


Anonim


Jawab:


Pada umumnya penyakit batu ginjal disebabkan oleh rutinitas pekerjaan yang membuat pola makan menjadi tidak teratur. Adanya faktor keturunan yang juga memiliki peranan penting karena jika terdapat keluarga yang memiliki penyakit batu ginjal, risiko diturunkan pada anak enam kali lebih besar.


Faktor-faktor lainnya yang mempengaruhi pembentukan batu ginjal adalah kurangnya konsumsi air putih, jarang buang air kecil atau sering ditahan, banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan kimia, bahan pengawet dan lingkungan suhu udara di sekitar tempat tinggal dan tempat bekerja yang tidak mendukung aktivitas sehari-hari.


Batu ginjal terbentuk disebabkan oleh adanya peningkatan bakteri dan saluran kandung kemih yang terinfeksi bakteri pemecah urea dan urine yang kemudian membentuk batu pada kandung kemih. Jika tubuh kekurangan cairan atau kurang minum air putih, akan terjadi kepekatan urine yang semakin meningkat yang mempermudah pembentukan batu ginjal.


Pencegahannya dapat dilakukan yaitu dengan cara-cara berikut ini:


- Istirahat yang cukup.

- Kendalikan stres.

- Minum air putih sekurang-kurangnya 2 liter sehari.

- Kurangi makanan yang mengandung garam dan minyak.


Tekanan darah yang tinggi juga memberi pengaruh yang cukup tinggi bagi timbulnya komplikasi pada penyakit lainnya termasuk batu ginjal.


Beberapa obat penurun tekanan darah dapat mengakibatkan intensitas berkemih semakin tinggi namun keadaan ginjal yang diliputi oleh batu ginjal dengan gejala yang sama akan semakin memberatkan kerja ginjal untuk mengeluarkan urine dari ginjal ke kandung kemih dan kemudian dibuang.


Terlebih kondisi Anda yang pernah memiliki riwayat batu ginjal sebelumnya, tetaplah waspada dan lakukan pola hidup yang sehat serta biasakan minum air putih minimal delapan gelas per harinya. Semoga bermanfaat.


Margareta Amelia


dr. Margareta Amelia



Meetdoctor


***


Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id


Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.