6 Cara Alami Mengatasi Bibir Kering




Asupan air sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda termasuk bibir. (istockphoto)




Asupan air sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda termasuk bibir. (istockphoto)



VIVAlife - Bibir yang merekah dengan warna merah muda alami adalah impian semua wanita. Tak ada yang menginginkan bibir kering dan pecah-pecah. Padahal semua orang berisiko mengalaminya. Hal tersebut karena bibir selalu terekspose udara, suhu panas, dingin dan matahari.


Bibir dilindungi oleh kulit tipis yang rentan terhadap suhu panas maupun dingin dan mudah rusak jika tidak dirawat. Untuk itu, Anda patut memperhatikan bibir Anda dan melakukan berbagai perawatan agar terhindar dari bibir kering.


Daripada menggunakan produk komersil, terdapat beberapa perawatan alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kondisi ini. Berikut diantaranya seperti dilansir laman Boldsky.


Konsumsi cukup air putih


Asupan air sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit Anda termasuk bibir. Pastikan Anda mengonsumsi cukup air putih minimal delapan gelas per hari untuk menjaga kulit terhidrasi dengan baik. Asupan air putih yang cukup juga merupakan cara terbaik mengatasi bibir kering dan pecah-pecah.


Aplikasikan lip balm


Berbeda dengan lipstik yang mampu memperburuk kondisi bibir yang kering, lip balm justru memberikan perlindungan pada bibir dari paparan suhu dan matahari secara langsung.


Gunakan mentega


Salah satu tips mengatasi bibir kering yang paling umum adalah dengan mengaplikasikan mentega setiap sebelum tidur dan membiarkannya semalaman. Melakukan hal ini secara rutin mampu menjaga bibir terhidrasi dan tetap lembap.


Perawatan di malam hari


Tak hanya wajah, bibir pun butuh perawatan di malam hari seperti scrubbing untuk menghilangkan sel-sel kulit mati dan pelembap. Anda juga dapat mengaplikasikan air mawar untuk melembapkan dan menyegarkan bibir Anda.


Hindari membasahi bibir dengan menjilatnya


Jangan pernah membasahi bibir Anda yang kering dengan cara menjilatnya. Hal ini justru akan memberikan efek sebaliknya. Saliva atau air liur manusia mengandung amylase dan maltase yang dapat menyebabkan bibir menjadi kering.


Aplikasikan minyak zaitun


Minyak zaitun juga dapat Anda gunakan sebagai obat yang mampu menyembuhkan masalah bibir kering dan pecah-pecah. Tak hanya melembapkan bibir, minyak zaitun juga dapat membantu menutrisi kulit yang menyelimuti bibir menjadi lebih sehat. Caranya adalah dengan mengaplikasikannya ke bibir secara merata sambil melakukan pijatan. (eh)