VIDEO: Aksi Dramatis Penyelamatan Korban Banjir




Ilustrasi penyelamatan korban banjir. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)




Ilustrasi penyelamatan korban banjir. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)



VIVAlife - Banjir membawa kesengsaraan. Tak hanya bisa menghilangkan harta benda dan sanak keluarga, banjir juga bisa mengancam nyawa. Namun, berkat pertolongan sigap para korban banjir bisa terselamatkan.


Video Fenomania Hits ANTV berikut memuat beberapa aksi dramatis yang pernah dilakukan untuk menyelamatkan korban-korban banjir di dunia. Saksikan juga melalui tautan ini .


California


Dari video berjudul Dramatic Flood Rescue Caught on Tape, terlihat perjuangan seorang wanita yang terseret arus banjir di Sungai Van Nuys, California. Uniknya, ia tetap tenang dan tak lelah melawan derasnya arus. Ia bahkan sukses berusaha menjaga kepalanya di atas air.


Wanita itu melambaikan tangan hingga akhirnya helikopter Tim SAR mendekat. Mereka kemudian bergelut dengan hempasan angin dari baling-baling helikopter. Namun akhirnya, melalui video yang diunggah 27 September 2010 itu tampak sang wanita berhasil diselamatkan.


Amerika Serikat


Penyelamatan kali ini dilakukan dua anggota militer terhadap seorang nenek pengendara mobil yang terjebak arus banjir. Berkat “rayuan” dua tentara Amerika, nenek itu akhirnya punya keberanian keluar dari mobil dan menyeberang dengan tali ke tempat yang lebih aman.


Aksi itu terekam dalam video berjudul Citizen-Soldiers Rescue Woman in Dramatic Flood Video, yang diunggah pada 4 Mei 2011.


China


Saat arus sungai menerjang jembatan di Provinsi Sichuan, China tahun 2011, banyak orang di atasnya menjadi korban. Namun, mereka terselamatkan berkat penyelamatan Tim SAR China. Tali dibentangkan di sisi sungai, lalu penyelamatan gigih dan dramatis dilakukan.


Satu per satu, korban disemangati untuk menyeberangi sungai dengan tali. Akhirnya, semua pun selamat. Video berjudul Daring Chinese Flood Resque-No Comment itu diunggah pada 5 Juli 2011 dan ditonton lebih dari 226 ribu orang.


Korban sekeluarga


Banjir pernah nyaris merenggut nyawa sekeluarga yang tengah berkendara mobil. Namun, mereka terselamatkan berkat usaha dramatis warga. Mobil mereka tertahan tiang telepon umum, sehingga warga sekitar lebih mudah untuk menolong.


Mereka disediakan papan kayu untuk dijadikan jembatan menyeberang. Seorang warga kemudian memberanikan diri mendekati jendela mobil dan menarik satu per satu keluarga di dalamnya. Video itu berjudul 1543 Dramatic Flood Rescue, dan ditonton oleh lebih dari 74 ribu orang.


Simak fakta unik lain dalam Fenomania Hits ANTV, Senin sampai Jumat pukul 06.25-06.55. (umi)