Berlian Biru Langka 29,6 Karat Ditemukan di Afrika




Berlian biru 29,6 karat ditemukan di dekat Pretoria, Afrika Selatan,. (REUTERS/Petra Diamonds Limited/Handout)




Berlian biru 29,6 karat ditemukan di dekat Pretoria, Afrika Selatan,. (REUTERS/Petra Diamonds Limited/Handout)



VIVAlife - Karat pada batu mulia melambangkan nilai yang dikandungnya. Semakin tinggi karat berlian, semakin menjulang nilai jual dan kebanggaan akan memilikinya.

Perusahaan berlian Petra Diamond baru saja menemukan berlian biru langka. Pekerja tambang Culinan di dekat Pretoria, Afrika Selatan, terkejut setelah menemukan berlian seberat 29,6 karat. Berlian berukuran cukup kecil, mampu digenggam dengan telapak tangan.


Tambang Culinan yang didirikan pada 1905 ini, terkenal menghasilkan berlian-berlian fantastis. Sebelumnya, berlian biru lain pernah ditemukan pada 2013 dan berhasil dijual seharga US$16,9 juta, atau setara dengan Rp339 miliar. Hasil lain, penambang juga pernah menemukan berlian permata kasar seberat 3.106 karat.


Ada juga berlian langka yang dijuluki Star of Josephine, batu mulia ini dijual seharga US$9,4 juta atau setara dengan Rp189 miliar.


"Ini mungkin adalah berlian biru yang paling signifikan yang pernah kami temukan, di pasaran, harganya sudah berkisar US$2 juta per karat," kata Johan Dippenaar, Chief Executive dari Petra Diamond seperti dilansir kantor berita Reuters.


Petra Diamonds akan merilis angka produksi hingga akhir tahun ini. Analis berlian Cailey Barker mengatakan, berlian biru tersebut bisa laku antara US$15-20 juta atau setara dengan Rp301-402 miliar melalui sistem lelang.


Perusahaan ini memiliki dua tambang yaitu Cullinan di Afrika Selatan dan Williamson di Tanzania. Semua koleksi berlian kini ditampilkan di Istana Buckingham, London, salah satu tempat paling langka dan paling berharga di dunia.