Whisk, Alat Masak Serbaguna




Whisk tak hanya berfungsi untuk mengocok telur atau adonan kue. (iStock)




Whisk tak hanya berfungsi untuk mengocok telur atau adonan kue. (iStock)



VIVAlife - Berbagai peralatan memasak di dapur memiliki kegunaannya masing-masing. Namun, terdapat beberapa alat memasak yang sebenarnya memiliki fungsi lain. Seperti whisk atau alat pengocok misalnya. Alat masak yang satu ini dikenal sebagai alat yang sering digunakan untuk membuat hidangan penutup.


Yang perlu Anda ketahui adalah whisk dapat digunakan untuk membuat berbagai hidangan lain bahkan dapat digunakan untuk keperluan lain. Apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Rachaelraymag.


1. Gunakan whisk untuk memisahkan gula merah atau garam yang menyatu atau lengket karena lembab.


2. Banyak orang membuat omelet dengan menggunakan garpu. Padahal jika menggunakan whisk, omelet yang Anda hasilkan akan lebih mengembang dan empuk.


3. Whisk dapat digunakan untuk membuat es krim. Cukup gunakan mangkuk dan freezer untuk membuat es krim. Kemudian bahan dasar es krim yang sudah dimasukkan ke dalam mangkuk dan dibekukan di dalam freezer lalu diaduk menggunakan whisk setiap 20 menit.


4. Mayonaise memang dapat dibuat dengan blender dengan mudah. Namun, membuat mayonaise menggunakan whisk dapat membantu Anda mengontrol konsistensi sesuai yang Anda inginkan.


5. Whisk dapat digunakan untuk mengaduk campuran bahan-bahan kering seperti tepung, gula dan garam. Tujuannya untuk mencampur bahan secara merata.


6. Membuat whip cream dengan whisk menciptakan konsistensi yang lembut jika dibandingkan dengan membuat whip cream dengan mixer.


7. Anda dapat menggunakan whisk untuk mencampur bahan-bahan lengket seperti madu atau krim dengan salad. Jika Anda menggunakan sendok, hanya beberapa bagian saja yang akan terlumuri.


8. Whisk dapat pula digunakan untuk menambah busa di bak mandi Anda.