Pubertas Dini, Bocah 3,5 Tahun Jalani Operasi Otak




Operasi tengkorak jadi alternatif pengobatan (homestead.com)




Operasi tengkorak jadi alternatif pengobatan (homestead.com)



VIVAlife -Pubertas dini, menjadi hal yang menakutkan bagi setiap orang tua. Perubahan fisik dan hormon yang lebih cepat dari umurnya, menandakan adanya gangguan kesehatan yang fatal. Perasaan inilah yang dialami oleh orang tua dari bocah asal India.

Saat bersuia 18 bulan, bocah yang tidak disebutkan namanya itu, menunjukkan perubahan di alat kelaminnya --tumbuh semakin besar. Suaranya pun berubah menjadi berat, bahkan ia juga mendapatkan jerawat di wajahnya, seperti yang dilansir News.com.au.


Dokter di Jawaharlal Institute of Postgraduate Medical Education and Research, menuturkan, jika bocah tersebut mengalami pubertas dini. Di mana tubuhnya menghasilkan jumlah esterogen yang berlebihan. Kondisi ini sering disebabkan oleh kerusakan otak.


Awalnya, dokter mengobati bocah itu dengan suntikan yang menghentikan sekresi hormon. Namun, pengobatan ini hanya berlangsung selama dua tahun, dan tidak membuahkan hasil.


Sebagai pengobatan alternatif, dokter akan melakukan sebuah operasi di dasar tengkorak untuk menghilangkan jaringan abnormal dari hipotalamus - bagian terkecil dari otak yang mengontrol sekresi hormon. Saat ini bocah itu telah menginjak usia 3,5 tahun. (eh)