Serunya Melayang di Atas Langit Perancis




Paralayang dari puncak Mont Blanc. (All Free Photos)




Paralayang dari puncak Mont Blanc. (All Free Photos)



VIVAlife - Dari angkasa, alam seakan memancarkan pesona luar biasa. Ada hamparan pegunungan dan lautan yang melebur indah. Jika hanya menyaksikan itu semua dari pesawat udara, rasanya sia-sia.


Cobalah paralayang, dan rasakan sensasi terbang yang menggetarkan. Biarkan tubuh merasakan sepoi angin sambil mengagumi keindahan semesta.


Pada prinsipnya, paralayang bisa dilakukan di mana saja. Syaratnya satu: ada gunung yang menjadi tumpuan melompat. Sisanya, tinggal kemampuan mengendalikan payung paralayang. Tahu kapan harus mengikuti atau melawan arah angin.


Di Perancis, paralayang bakal lebih menyenangkan. Negara penuh romantisme ini dikenal sebagai salah satu lokasi paralayang terbaik dunia. Ia memiliki spot paralayang paling beragam. Mengutip laman Paragliding Map, berikut empat spot yang dimaksud.


Mont Blanc


Gunung ini merupakan puncak tertinggi di Eropa. Puncaknya berada pada ketinggian lebih dari 4.400 meter di atas permukaan laut. Dari sanalah paralayang diterbangkan. Meluncur melintasi lembah Chamonix, pemandangan yang didapat sungguh luar biasa.


Terbang dengan paralayang dari puncak Mont Blanc bahkan memungkinkan seseorang melakukan lintas negara. Pasalnya, gunung ini terletak di perbatasan antara Perancis, Italia, dan Swiss.


Annecy


Jika baru sekali mencoba paralayang, sebaiknya memilih lokasi ini. Langit Annecy sering dipenuhi warna-warni mentereng payung paralayang. Annecy memang tempat belajar peralayang. Pemandangannya indah, dihimpit gunung-gunung besar dan danau yang tenang.


Biasanya, paralayang memulai pijakan di Col de la Forclaz. Dari situ, mereka akan mendarat lembut di atas danau.


Treh


Gunung ini ramai dikunjungi saat musim panas. Cuaca cerah memudahkan pilot paralayang terbang dengan jarak jauh. Biasanya, mereka mendarat di pusat pedesaan di kaki gunung. Di sana telah tersedia bus yang akan membawa mereka kembali naik ke puncak gunung.


Pedesaan setempat juga menjual peralatan paralayang. Tinggal di sana sangat menyenangkan. Penduduknya ramah dan banyak tersedia penginapan murah. Selain masyarakat Perancis, warga Jerman juga banyak berkunjung ke sana.


Dune du Pyla


Ini merupakan bukit terbesar di Eropa. Lebarnya 500 meter, panjangnya tiga kilometer, dan tingginya 100 meter. Tempat ini sangat disukai pilot paralayang. Ada sebuah tebing pendek yang menjadi pijakan. Bahkan seorang pemula pun bisa mencobanya.


Dari sana, parayalang akan terbang rendah, mudah, dan santai. Pemandangannya berbeda dari lokasi lain: melewati pantai dengan hamparan pasir putih lembut. Penduduk sekitar pun sangat ramah. (eh)