Turunkan Tekanan Darah dengan Segelas Jus Bit Per Hari




Menurut penelitian terbaru, minum segelas jus bit per hari mampu menurunkan tekanan darah. (glutenfreeforgood.com)




Menurut penelitian terbaru, minum segelas jus bit per hari mampu menurunkan tekanan darah. (glutenfreeforgood.com)



VIVAlife - Bit sejak lama dikenal dapat membantu pembentukan sel darah merah atau hemoglobin dalam tubuh. Kini, khasiat umbi berwarna merah ini pun kian bertambah. Menurut penelitian terbaru, minum segelas jus bit per hari mampu menurunkan tekanan darah.


Tim peneliti yang dipimpin Amrita Ahluwalia, seorang profesor farmakologi vaskular dari The Barts and The London Medical School, menemukan bahwa mengonsumsi 29,5 mililiter bit atau setara dengan satu gelas bisa menurunkan tekanan darah hingga tujuh persen.


Seperti dilansir laman Daily Mail, penelitian melibatkan delapan wanita dan tujuh pria dengan tekanan darah sistolik antara 140-159 mm Hg dan tidak tengah mengonsumsi obat tekanan darah. Para partisipan ini diminta minum 250 mililiter jus bit dengan kandungan nitrat 0,2 gram.


Setelah itu tekanan darah mereka dimonitor selama 24 jam. Hasilnya, mereka yang minum jus bit berhasil menurunkan tekanan darah sistolik hingga 10 mm Hg. Efek ini baru benar-benar terlihat setelah 3-6 jam mengonsumsi jus dan masih tetap bertahan hingga 24 jam kemudian.


"Kami terkejut dengan sedikitnya jumlah nitrat yang dibutuhkan untuk melihat efek yang besar," ujar Ahluwalia.


Lebih lanjut ia berharap, mengonsumsi asupan sayuran dengan kandungan nitrat tinggi bisa menjadi sebuah gaya hidup. Tujuannya tentu saja untuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular.


Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa bit mampu menggenjot stamina dan bisa memompa pasokan darah ke area vital di otak. (eh)