Tips Jitu Singkirkan Noda Permen Karet




Permen karet pada pakaian termasuk noda yang paling sulit dibersihkan. (videojug.com)




Permen karet pada pakaian termasuk noda yang paling sulit dibersihkan. (videojug.com)



VIVAlife - Permen karet pada pakaian termasuk noda yang paling sulit dibersihkan. Bahkan penggunaan detergen tak mampu menyingkirkan sisa permen karet yang menempel pada baju atau celana.


Alih-alih membuang pakaian tersebut, Anda bisa mencoba beberapa tips menghilangkan permen karet seperti dilansir laman Boldsky berikut ini.


Masukkan ke dalam kulkas


Ini adalah cara paling mudah dan sederhana. Cukup masukkan pakaian yang terkena noda permen karet ke dalam kulkas. Kemudian diamkan hingga permen karet mengeras atau beku. Setelah itu keluarkan pakaian dari lemari es dan kerik dengan pisau.


Cuka


Tuangkan sedikit cuka pada bagian pakaian yang terkena permen karet. Cuka bisa membantu melunakkan permen karet yang sudah mengeras. Setelah noda permen karet hilang, cuci pakaian seperti biasa.


Pembersih cat kuku


Cairan satu ini memiliki banyak kegunaan. Selain bisa digunakan untuk membersihkan kuteks, pembersih cat kuku juga mampu menghilangkan noda permen karet pada pakaian. Caranya tuang sedikit pembersih cat kuku pada bagian pakaian selama beberapa menit. Setelah itu, bersihkan permen karet dengan menggunakan pisau atau sikat.


Setrika


Ketika ingin menggunakan metode ini, hal pertama yang harus diperhatikan adalah jenis bahan pada pakaian. Jika dapat menghantar panas dengan baik, Anda dapat coba menyetrikanya.


Selain itu Anda juga dapat menempatkan karton di atas kain bernoda dan kemudian menyetrikanya dengan suhu tinggi. Panas yang tinggi membuat permen karet lebih lunak dan menempel pada karton. Lakukan berulang hingga noda permen karet seluruh hilang.


Alkohol


Selain cuka, Anda juga bisa menggunakan alkohol. Pertama, rendam spons dalam alkohol dan gosokkan pada area pakaian yang terkena noda permen karet. Diamkan selama beberapa menit. Setelah itu kikis permen karet dengan pisau dan cuci seperti biasa.