Studi: Wanita Tak Tertarik Pria Berjenggot




Curi perhatian wanita, bersihkan jenggot. (istockphoto)




Curi perhatian wanita, bersihkan jenggot. (istockphoto)



VIVAlife - Walaupun banyak pria menganggap jenggot sebagai lambang maskulin, ternyata wanita tidak demikian. Studi menemukan bahwa wanita lebih memilih pria yang hobi berolahraga dan berotot dibanding pria berjenggot. Para peneliti dari Australia mengatakan para wanita menganggap pria berjenggot terlalu agresif.


Dilansir Daily Mail, dalam studi tersebut, peneliti menggunakan sepuluh foto pria muda berjenggot. dari yang berjenggot tipis hingga tebal. Kesepuluh foto itu kemudian ditunjukkan pada 500 pria dan wanita. Mereka diminta untuk menilai tampilan dan maskulinitas model-model dalam foto tersebut.


Hasilnya, banyak pria yang menganggap jenggot lebat membuat mereka lebih macho dan menarik. Sebaliknya, wanita justru menganggap pria berjenggot cenderung tidak terlihat memiliki sisi romantis. Demikian dilaporkan oleh jurnal Evolution and Human Behavior.


Walau begitu, para peneliti dari University of New South Wales mengatakan bahwa banyak juga wanita yang menganggap pria berjenggot memiliki sifat kebapakan dan potensi menjadi orang tua yang lebih baik. Mereka berpendapat jenggot membuat pria terlihat lebih tua dan matang.