Profesi Ini Jadikan Pekerjanya Kecanduan Kopi




Pecandu kopi paling tinggi adalah mereka yang bekerja di media. (iStock)




Pecandu kopi paling tinggi adalah mereka yang bekerja di media. (iStock)



VIVAlife - Sebuah survei baru ditemukan bahwa ada beberapa profesi yang menjadikan pekerjanya cinta kopi dibanding profesi lainnya. Di antaranya wartawan, guru, polisi dan pengusaha dagang.

Studi menemukan bahwa dalam sehari mereka bisa minum 4-5 cangkir kopi. Daftar 10 profesi pecandu kopi lainnya disusul oleh perawat dan staf medis yang rata-rata mengonsumsi 3-4 cangkir sehari. Urutan terakhir diikuti oleh teknisi teknologi informasi (TI), yang mengonsumsi 2-3 cangkir per hari.


Dilansir Daily Mail, mereka menyurvei 10 ribu profesional di perusahaan pers yang berbasis di Inggris dan menemukan 85 persen dari mereka setidaknya minum tiga cangkir kopi sehari.


Sebanyak 70 persen dari mereka mengaku kemampuan kerjanya akan terpengaruh bila tidak minum kopi sehari-hari. Selain itu, 71 persen dari responden mengatakan, mereka minum kopi karena rasa dan aromanya.


Menurut NHS Choices, minum lebih dari empat cangkir kopi sehari dapat meningkatkan tekanan darah dan dehidrasi. Studi sebelumnya pun menyebutkan, tingginya konsumsi kafein bisa meningkatkan risiko diabetes, jantung koroner dan stroke.


Tetapi penelitian lain menemukan bahwa minum empat cangkir kopi sehari bisa mengurangi risiko gagal jantung. Ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan yang bekerja untuk peradangan lebih rendah dalam tubuh.


"Orang yang mengonsumsi kafein secara teratur, perlahan berubah menjadi ketergantungan," kata Peter Roger, profesor Psikologi Biologi di Bristol University dan ahli kafein.


Profesor Rogers telah mempelajari kopi beserta dampaknya selama 20 tahun lebih. Ini mengakibatkan ia dan tim-nya sudah menyerah pada kafein.


Dari survei ditemukan, rata-rata pria lebih banyak minum kopi dibanding wanita. Meski selisihnya hanya 5 persen.


Survei ini dilakukan pada 1 Juli - 17 Agustus 2014 pada mereka yang bekerja paruh waktu, freelance, pebisnis dan wiraswasta dengan rentang usia 18 tahun ke atas.