Rahasia Umur Panjang: Punya Ambisi Hidup




Ilustrasi lansia berumur panjang. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)




Ilustrasi lansia berumur panjang. (REUTERS/Kim Kyung-Hoon)



VIVAlife - Semakin dewasa, manusia semakin sibuk mencari cara agar bisa hidup lebih lama. Gaya hidup sehat diterapkan. Berbagai suplemen dikonsumsi. Namun sebenarnya, kunci hidup panjang sederhana.

Anda hanya perlu punya cita-cita dan menyibukkan diri menggapainya. Psikolog menyebut, orang yang punya tujuan hidup cenderung berumur panjang. Itu sudah terbukti melalui studi selama 14 tahun.


“Apa pun tujuannya tidak masalah. Punya satu tujuan sudah cukup,” kata peneliti dari Carleton University di Kanada, seperti dikutip dari laman Daily Mail. Itu berkaitan dengan ambisi hidup.


Dengan memiliki cita-cita, Anda akan berupaya menggapainya dengan berbagai cara. Jika harus hidup sehat untuk itu pun, akan dijalani. Secara tidak langsung, itu membuat Anda lebih berumur panjang.


Semakin muda tujuan hidup ditetapkan, semakin panjang pula umur. Sebab, Anda akan menerapkan gaya hidup sehat untuk menggapainya, sejak usia dini. Di masa tua, itu akan sangat bermanfaat.


Untuk membuktikannya, telah dilakukan studi yang melibatkan 6 ribu orang dewasa di Amerika. Mereka diwawancara soal tujuan hidup yang ingin dicapai. Empat belas tahun kemudian, mereka diuji kembali.


Hasilnya, sembilan persen orang telah meninggal. Mereka adalah yang tidak punya ambisi hidup. Mereka juga dilingkupi emosi negatif dan tidak punya hubungan menyenangkan dengan orang lain.


Bukan hanya ditujukan untuk anak muda, penelitian juga relevan untuk lansia. Setelah pensiun, mereka kerap linglung, karena tak lagi punya tujuan hidup. Karena itu, penting untuk aktif di kegiatan sehari-hari. (art)