Pil Kontrasepsi Pengaruhi Gairah Wanita?




Ilustrasi pil. (istockphoto)




Ilustrasi pil. (istockphoto)



VIVAlife - Pil KB menjadi salah satu alat kontrasepsi yang diminati wanita. Namun, sebagian orang khawatir pil itu memengaruhi gairah bercinta. Jika pemakaian berhenti, gairah pun ikut menurun.

Studi menegaskan, itu tak ada kaitannya. Pil KB tidak akan berpengaruh terhadap gairah bercinta. Peneliti universitas di Stirling, Glasgow, Newcastle, dan Northumbria menganalisis 365 pasangan.


Mereka meneliti aspek seksual dan non-seksual pasangan dalam hubungan jangka panjang, penggunaan pil KB, serta riwayat perubahan hormon akibat penggunaan alat kontrasepsi wanita.


Ditemukan, kepuasan seksual wanita yang mengonsumsi pil KB sama seperti yang tidak mengonsumsinya. Mereka dinilai lebih puas ketimbang saat berhenti mengonsumsi pil.


“Dengan kata lain, kepuasan hubungan bergantung pada kondisi asmara pasangan. Bukan dipengaruhi apakah mereka mengonsumsi pil KB atau tidak,” kata Dr Craig Roberts, peneliti utama.


Baik dalam konteks seksual maupun tidak, pil KB tidak berpengaruh pada kehidupan wanita. “Pil justru telah menjadi kekuatan sosial yang positif,” Roberts melanjutkan, dalam Daily Mail. (one)