Menyusuri Sejuta Destinasi Cantik di Jawa Barat (II)




Mengabadikan matahari terbenam di Pantai Batu Karas. (Antara/ Widodo S Jusuf)




Mengabadikan matahari terbenam di Pantai Batu Karas. (Antara/ Widodo S Jusuf)



VIVAlife - Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk berlibur. Jawa Barat juga punya sejuta destinasi wisata cantik yang bisa didatangi. Itu cukup untuk menenangkan Anda selama dua hingga tiga hari.


Bagi Anda pencinta wisata air, coba tengok Pantai Pangandaran atau Green Canyon. Pesonanya tak kalah dengan pantai-pantai di luar negeri. Paduan biru air dan dedaunan hijau amat menyejukkan.


Selain itu, masih ada beberapa destinasi lain yang bisa Anda kunjungi bersama sahabat atau keluarga. Berikut rangkuman VIVAlife soal destinasi wisata cantik di sepanjang Jawa Barat.


Pantai Batu Karas


Lokasinya 40 kilometer dari Pangandaran. Pantai Batu Karas berair tenang, tetapi sekaligus punya ombak yang menantang. Bagi para penakluk ombak, pantai ini bagaikan surga untuk berselancar.


Jika Anda pemula, tak perlu khawatir. Ada perlengkapan selancar yang disewakan, sekaligus bersama pengajarnya. Anda juga bisa memilih tiga spot selancar asyik: Karang, Legok Pari, dan Bulak Bendak.


Selain itu, Anda juga bisa bermain jet ski dan banana boat. Ingin suasana lebih privat? Anda bisa menjelajah Karang Nunggal, pantai terpencil dengan bebatuan tinggi di salah satu sisinya.


Batu Hiu


14 kilometer dari Pangandaran, terdapat bebatuan tinggi yang menjorok ke laut. Dari bentuknya, sekilas itu mirip moncong ikan hiu. Karena itulah lokasi yang punya pemandangan indah itu disebut Batu Hiu.


Meski namanya menyeramkan, suguhan yang ditawarkan begitu memesona. Dari atas Batu Hiu, Anda dapat menyaksikan laut lepas Samudera Hindia. Sementara di bawah, ombak menggempur-gempur.


Batu Hiu merupakan tempat sempurna mengabadikan matahari tenggelam. Membuat foto siluet dengan latar jingga bisa jadi cinderamata menyenangkan. Namun, Anda tak bisa berenang di sana.


Pelabuhan Ratu


Terletak di Sukabumi, tempat ini tidak asing bagi pemburu ombak. Terdapat 9 titik yang siap menantang nyali para peselancar. Sebutlah Pantai Cimaja, yang dipenuhi pelancong lokal dan internasional.


Bagi pemula, berkunjunglah ke Pantai Citepus yang letaknya 100 meter dari Cimaja. Di sana, Anda akan diajari bagaimana berselancar yang benar. Butuh keseimbangan, juga kesiagaan menjaga keselamatan.


Selain menikmati suasana pantai, Anda juga masih bisa memotret kehidupan nelayan di Pelabuhan Ratu. Keseharian mereka yang begitu humanis menarik untuk diabadikan dengan kamera.


Ujung Genteng


Satu lagi destinasi wisata air menyenangkan di Sukabumi. Ujung Genteng, namanya. Ini juga lokasi yang menggairahkan bagi para peselancar. Sebab, lokasinya menatap langsung Samudera Hindia. Karena itulah, karakter ombak di Ujung Genteng terbilang liar.


Air Panas Cisolok


Masih di area Sukabumi, terdapat pula pemandian air panas Cisolok. Panasnya berasal dari letupan vulkanis. Suhunya bisa mencapai 80 derajat selsius. Para pengunjung biasanya merebus telur di sana.


Jika ingin berendam untuk melemaskan otot-otot tubuh, tersedia kolam pemandian yang berasal dari mata air sama. Atau, Anda juga bisa menikmati pemandangan jembatan gantung dan lereng berkabut.


Air panas Cisolok terletak sekitar 10 kilometer dari Pelabuhan Ratu. Mencapainya, bisa lewat kota Bandung dengan waktu tempuh sekitar 3,5 jam dengan kendaraan bermotor. (umi)


Baca juga: Menyusuri Sejuta Destinasi Cantik di Jawa Barat (I)