Wanita, Ini Cara Pelajari Bahasa Pria




Gagal dalam berkomunikasi bisa merusak hubungan. (istockphoto)




Gagal dalam berkomunikasi bisa merusak hubungan. (istockphoto)



VIVAlife – Anda tidak bisa memahami pasangan? Jangan khawatir Anda tidak sendiri. Menurut penelitian, wanita dan pria memang tidak berbicara dalam bahasa yang sama. Malah pakar komunikasi Inggris Julie-Anne Shapiro mengungkapkan, pria punya bahasa sendiri, yakni “Menglish” yang kerap kali membuat kaum hawa kebingungan.

“Pria dan wanita memahami sesuatu dengan cara yang berbeda dan menyampaikannya dengan hal yang berbeda pula. Itulah awal kegagalan komunikasi,” kata Shapiro, dilansir Daily Mail.


Tapi, daripada terus-menerus merasa gagal memahami pasangan, Shapiro memberikan beberapa tips agar kaum wanita bisa mengerti dan berbicara “Menglish” sehingga kegagalan komunikasi bisa diatasi.


“Jika Anda bisa merespon dan berkomunikasi dengan cara yang dimengerti pria, maka hubungan akan semakin erat dan lancar,” jelas Shapiro.


Lalu bagaimana cara mempelajari “Menglish”? Berikut tips Shapiro:


Pria tidak bisa membaca pikiran

Wanita terkadang berharap pasangan bisa membaca apa yang ada di kepala mereka juga apa yang mereka rasakan. Tapi, pria tidak begitu. Malah, pria adalah makhluk yang hanya bisa fokus pada satu hal di satu waktu. Jika ingin dia mengerti perasaan Anda, bicaralah saat dia sedang santai. Anda akan melihat semua perhatiannya terfokus hanya pada Anda.


Pria adalah pemecah masalah

Ketika wanita memilih berbicara alias “curhat” untuk membuat permasalahan mereka lebih ringan dan hanya ingin didengarkan, pria justru melihatnya sebagai masalah yang harus segera diselesaikan. Jadi, mereka akan berkomentar singkat dan kadang menyakitkan. Itu yang kemudian memicu pertengkaran. Katakan padanya Anda tidak butuh pendapat dan hanya ingin didengarkan, tapi ingat pria pun bisa bosan bila Anda terus-menerus mengeluhkan hal yang sama.


Pria tidak peka terhadap detail

Wanita melihat detail sementara pria fokus pada tujuan. Dengan demikian, ketika wanita memaparkan detail demi detail, pria tidak akan memberi perhatian penuh dan hanya fokus pada masalah yang ada di depan mata. Sebelum komunikasi gagal di tengah jalan, cobalah berbicara padanya hal-hal yang penting sehingga dia bisa lebih fokus.


Bicara langsung

Sekali lagi, pria tidak bisa membaca pikiran Anda. Jika Anda ingin sesuatu darinya, cobalah bicara langsung dan jangan menggunakan kode-kode yang sudah pasti tidak akan dia pahami.


Pria butuh dipuji

Ketika kata-kata pujian jarang terlontar dari mulut Anda, pria bisa jadi merasa tidak dicintai dan menarik diri. Jadi, berbaik hatilah dan beri dia pujian terhadap hal-hal kecil yang dia lakukan untuk Anda. Percayalah, dia akan jadi lebih perhatian.



Pria ingin Anda bahagia


Jadilah bahagia dengan diri Anda sendiri. Wanita yang percaya diri dan bahagia selalu terlihat menarik di mata pria dan kebahagiaan yang terpancar di wajah Anda juga akan membuat dia bahagia. (umi)