Mencicipi Nikmatnya Jajanan Brasil




Esfiha, jajanan pinggir jalan Brasil dengan citarasa Timur Tengah. (My Rio Travel Guide)




Esfiha, jajanan pinggir jalan Brasil dengan citarasa Timur Tengah. (My Rio Travel Guide)



VIVAlife - Bicara mengenai Brasil, yang pertama kali terlintas di benak pasti pantai-pantai indah nan eksotis di Ibu kotanya, Rio de Janeiro. Namun, tak hanya pantai, Brasil sebenarnya menyimpan daya tarik lain. Sebut saja, kulinernya yang banyak dipengaruhi oleh Eropa dan Afrika.


Di Brasil, hidangan pinggir jalan justru lebih terkenal dari hidangan-hidangan restoran maupun kafe. Banyak turis mancanegara yang begitu menggemari jajanan pinggir jalan di Brasil, karena rasanya yang tak hanya lezat namun juga terbuat dari bahan-bahan yang segar.


Jika Anda berkunjung ke negara ini, ada lima jajanan populer yang patut Anda cicipi. Apa saja? Berikut daftarnya seperti disarikan dari laman My Rio Travel Guide


Pastel

Pastel yang banyak dijual di Brasil secara keseluruhan mirip dengan pastel yang biasa kita temui di Indonesia yakni adonan puff pastry berbentuk setengah lingkaran dengan diisi daging dan sayur. Cara memasaknya pun sama yaitu digoreng dengan metode deep-fried hingga berwarna cokelat keemasan.


Di Rio de Janeiro, panganan asal Portugis ini adalah jajanan paling populer dan dapat ditemui di sepanjang jalan. Namun, kedai pastel yang paling terkenal terletak di pasar buah-buahan Rio de Janeiro. Masyarakat lokal Brasil biasanya menyantap pastel bersama jus buah kalengan yang rasanya sangat manis. Tak hanya sebagai jajanan pinggir jalan, pastel juga banyak disajikan di kafe-kafe.



Biscoito Globo


Panganan yang satu ini merupakan biskuit yang sangat digemari masyarakat Brasil maupun turis mancanegara. Biskuit renyah ini terdiri dari dua macam yaitu manis dan asin. Biscoito globo dapat ditemui di sepanjang pantai-pantai di Rio de Janeiro antara lain di Copacabana, Ipanema, Leme, dan Leblon.


Empada

Empada sebenarnya merupakan pie mini yang terbuat dari puff pastry yang dipanggang dengan bentuk bulat berukuran mungil yang memiliki rasa gurih dengan berbagai isian. Isian yang paling populer adalah camarao com catupiry yakni udang dengan keju catupiry, frangol atau ayam dan queijo alias keju putih. Camilan ini banyak dijual di kedai-kedai pinggir pantai dan kafe di Rio de Janeiro


Bolinho de Bacalhau

Jajanan lezat ini terbuat dari campuran kentang dan ikan cod. Kentang biasanya direbus dan dihaluskan, kemudian ditambahkan potongan daging ikan lalu dibentuk bulat seperti bola-bola. Panganan ini biasa dinikmati saat masih panas setelah diangkat dari penggorengan.



Esfiha


Terdapat dua varian esfiha di Rio de Janeiro yakni berbentuk bulat dengan topping di bagian tengah dan berbentuk segitiga dengan isian di dalamnya. Esfiha sendiri terbuat dari adonan roti yang memiliki cita rasa gurih. Jajanan ini merupakan makanan khas Siria dan Lebanon yang banyak di jual di kedai pinggir pantai serta restoran-restoran Arab di Brasil. (asp)