Intip Ragam Menu Sarapan Favorit Masyarakat Prancis




Croissant adalah jenis pastry Prancis yang paling populer di dunia. (iStock)




Croissant adalah jenis pastry Prancis yang paling populer di dunia. (iStock)



VIVAlife - Prancis adalah negara yang terkenal dengan ragam hidangan pencuci mulutnya. Pastry dari Prancis umumnya mengacu pada roti yang adonannya dibuat berlapis dan berongga sehingga sedikit lebih renyah daripada roti biasa.


Berbeda dengan di negara-negara lain yang umumnya menyantap makanan berat saat sarapan, masyarakat Prancis justru lebih memilih mengawali hari dengan menyantap pastry. Lalu apa saja jenis pastry favorit mereka saat sarapan? Berikut daftarnya seperti dilansir laman Paristopten.


- Croissant

Croissant mungkin merupakan jenis pastry Prancis yang paling populer di dunia. Terdapat dua jenis croissant, yakni plain croissant dan croissant yang dimasak dengan butter.


Masyarakat lokal biasa menyantapnya sebagai sarapan dengan cara memotongnya menjadi dua kemudian dioles butter dan selai di atasnya. Selain itu, croissant juga nilkmat disantap dengan mencelupkannya ke dalam kopi atau cokelat hangat.



- Pain au chocolat


Nah, jenis pastry berbentuk segi empat dengan permukaan yang mengembang ini adalah menu sarapan favorit anak-anak sebelum berangkat ke sekolah. Di dalamnya diberi isian cokelat manis yang lezat.


- Pain aux raisins
Seperti namanya, pastry yang satu ini terdiri dari taburan kismis. Pastry-nya sendiri berbentuk bulat dengan permukaan yang pipih. Biasanya untuk menyeimbangkan rasa kismis yang khas, pastry ini juga diberi isian krim manis.


- Pain suisse

Bicara pastry, pain suisse juga tak kalah populer disantap sebagai menu sarapan orang Prancis. Isiannya sama dengan pain aux raisins yaitu kismis dan krim, namun dengan ditambahkan dengan butiran-butiran cokelat yang semakin menyemarakkan cita rasanya. Bentuknya pun berbeda yakni panjang dengan lapisan pastry dan isian yang cukup tebal.


- Chouquettes

Selain disantap saat sarapan, chouquettes juga lazim dinikmati sebagai teman minum teh di sore hari. Di setiap toko kue dan roti, Anda dapat dengan mudah menemukannya. Pastry berbentuk bulat dengan ukuran mini ini biasa disantap hanya dengan taburan gula halus. (adi)