FOTO: Serunya Menelusuri Lima Labirin Rumit Dunia




Overhanging Gardens of Marqueyssac, labirin dari pepohonan Boxwood di Prancis. (edition.cnn.com)




Overhanging Gardens of Marqueyssac, labirin dari pepohonan Boxwood di Prancis. (edition.cnn.com)



VIVAlife - Menelusuri lika-liku labirin seperti menyelami kehidupan manusia. Rumit, bahkan terkadang menemui jalan buntu. Butuh strategi lihai untuk bisa menggapai garis akhir. Namun, bagi pencinta tantangan, terjebak di lingkar labirin menimbulkan gairah tersendiri.


Masih adanya animo mengungkap teka-teki itu membuat inovasi bentuk labirin terus bermunculan. Meski dilingkupi mitos menyeramkan, lika-liku labirin tetap diminati masyarakat di seluruh penjuru dunia. Bahkan, ia digunakan untuk bersenang-senang sembari eksplorasi diri.


Mengutip laman CNN, berikut lima labirin yang menarik untuk direkomendasikan. Lihat juga foto-fotonya dalam galeri ini .


Derinkuyu Underground City


Di Turki, terdapat lorong panjang yang disekat batu-batu berbentuk pilar. Labirin di bawah kota Derinkuyu ini dikenal menyesatkan dengan delapan tingkat perangkap. Salah satunya, belokan menukik turun sepanjang 200 meter. Labirin ini diyakini berdiri sejak abad ketujuh sebelum Masehi, hasil peninggalan kaum Frigia kuno.


Hampton Court Palace


Jika dilihat dari jauh, labirin di Inggris ini menyajikan hamparan hijau yang begitu cantik. Dinding dan lorong labirinnya dibuat dari perdu yang dipangkas rapi. Tampak atas, labirin ini berbentuk seperti trapesium. Sebagai labirin terbesar di Inggris, Hampton Court mampu membuat orang tersesat selama berjam-jam.


Bara Imambara


Benteng di India ini berarsitektur megah dan dikagumi banyak orang. Ketika masuk, pengunjung akan langsung menemukan labirin besar di dalamnya. Dulu, labirin ini diciptakan untuk membingungkan penjajah dan menunda invasi mereka. Lorong-lorongnya menyimpan kamar-kamar tersembunyi yang menanti untuk dijelajahi.


Haeinsa Temple


Sekat-sekat labirin yang terletak di Korea Selatan ini dibentuk oleh lebih dari 81 ribu balok kayu yang dipatok ke tanah. Lokasi persisnya di Kuil Haeinsa. Setiap bulan Oktober, ribuan biarawan dari seluruh negeri mengunjungi tempat ini. Mereka berparade menelusuri blok-blok yang dipisahkan oleh patok kayu, sambil menggenggam kitab suci.


Overhanging Gardens of Marqueyssac


Labirin ini layaknya kebun yang indah menakjubkan. Pepohonan Boxwood dibentuk menjadi gundukan unik yang disusun rapi menjadi dinding-dinding labirin. Romantis dan menyenangkan. Pengunjung kerap mengambil gambar dari sudut-sudut menyesatkan di labirin ini. (art)