VIDEO: "Cicih" Sejarah Mie Udon di Museum Kyoto




Mie Udon, mie khas Jepang. (Wikipedia)




Mie Udon, mie khas Jepang. (Wikipedia)



VIVAlife - Selain sushi, mie merupakan makanan yang sangat populer di Jepang. Salah satu jenis yang paling disukai adalah mie udon. Popularitasnya bahkan mengalahkan mie ramen.

Kenyalnya mie berpadu dengan lezatnya kuah kental. Taburan bawang dan variasi lauk daging atau tempura sering menjadi pilihan.


Sayang, tak banyak yang tahu asal muasal mie ini. Masyarakat Jepang pun kebanyakan hanya mengenal satu variasi mie udon.


Karena itu, pemerintah Kyoto membangun sebuah museum khusus untuk mengabadikan nilai histori mie udon. Museum Kyoto Gyon Udon namanya. Di museum ini, pengunjung bisa menyimak sejarah dan beragam variasi mie udon.


Ternyata, mie ini mulanya disajikan khusus untuk acara istana kekaisaran. Seiring berkembangnya zaman, barulah ia membumi ke masyarakat. Para pelayan istana lah yang membawa tradisi udon hingga tersebar ke seluruh penjuru Jepang.


Mereka menularkan kebiasaan makan udon ke seluruh masyarakat Jepang. Para pelayan itu juga menciptakan resep mie udon di daerah masing-masing. Jadilah, mie lezat ini memiliki beragam variasi. Setidaknya ada 45 jenis mie udon yang tersimpan di Museum Kyoto Gyon Udon.


Variasi itu terlihat dari tampilan sajian yang berbeda-beda. Ada yang berbentuk lembaran tipis dan pendek. Yang paling unik, ada udon yang berbentuk seperti telinga. Menariknya, seluruh pengunjung museum diperbolehkan mencicipi berbagai variasi mie ini.


Saksikan juga liputan soal Museum Kyoto Gyon Udon melalui video ini. (umi)