China Berencana Bangun Museum di Atas Pulau Buatan




China berencana membangun Pingtan Art Museum di kota buatan. (Telegraph)




China berencana membangun Pingtan Art Museum di kota buatan. (Telegraph)



VIVAlife - Ketika Eropa masih bergantung pada situs kuno dan budaya untuk menarik wisatawan, lain halnya dengan China. Negeri Tirai Bambu ini justru berambisi membangun arsitektur megah.

Setelah bangunan terbesar di dunia dibuka di Chengdu, kini China berencana membangun sebuah museum privat terbesar di Asia. Uniknya, museum tersebut akan dibangun di sebuah kota buatan bernama Pingtan.


Seperti dilansir laman Telegraph, kota yang akan didirikan di atas pulau buatan itu memang wujudnya belum ada dan masih dalam tahap perencanaan. Namun jika sudah selesai, bangunan yang dinamakan Pingtan Art Museum itu nantinya akan menjadi pusat budaya dan menjadi tempat penyimpanan lebih dari 1.000 harta nasional.


Luas Pingtan Art Museum diperkirakan mencapai lebih dari 40.000 meter persegi dan memakan biaya hingga 83 juta pounds. Dengan luas tersebut, Pingtan Art Museum memang dimaksudkan untuk berperan sebagai sebuah pulau kecil di luar Pingtan. Museum dan pulau utama nantinya dihubungkan oleh dermaga.


Museum berserta galerinya ini dirancang oleh arsitek yang berbasis di Beijing, MAD. Mereka mengatakan, museum akan dibangun dengan beton yang dicampur dengan kerang lokal. Sementara interior dirancang menyerupai gua kuno.


Perencanaan Pingtan Art Museum sudah dimulai sejak tahun 2011. Namun belum diketahui kapan museum dan Pulau Pingtan selesai dibangun.