Norma Clarke, Wanita dengan Suara Pria




Norma Clarke punya suara pria sejak lahir (YouTube)




Norma Clarke punya suara pria sejak lahir (YouTube)



VIVAlife - Jangan kaget jika menerima telepon dari Norma Clarke, seorang wanita di Manchester. Suaranya amat maskulin, berat dan dalam, khas pria. Sejak kecil, Clarke memang punya pita suara tebal.

Itu ternyata membawa masalah. Clarke jadi sering tak dipercaya orang karena suaranya. “Setiap ada yang ingin bicara dengan Nyonya Clarke, mereka tak percaya ini benar-benar aku,” ujarnya mengeluh.


Clarke sudah mencoba menyembunyikan atau mengubah suaranya. Namun, yang terdengar di telepon justru lebih berat. Ia sampai tak bisa membatalkan paket karena operator tak percaya ia wanita.


Wanita 56 tahun itu pernah mencoba memperbaiki pita suara saat kecil. Beberapa dokter didatanginya, namun tak ada obatnya. Dokter malah bertanya apa yang terjadi sehingga suaranya bisa demikian.


“Terakhir aku diperiksa, 10 tahun lalu. Dokter meletakkan kamera ke tenggorokanku dan menemukan pita suaraku lebih tebal dari yang pernah mereka lihat, baik pada pria maupun wanita,” katanya.


Dokter berusaha menipiskannya. Namun, tak ada apapun yang ampuh.


Wanita yang bekerja di toko roti selama 25 tahun itu terus menanggung malu. Setiap ia membuka suara, orang-orang langsung menoleh padanya. Pandangan mereka menghujat: apa benar itu wanita?


“Anak-anak datang ke toko hanya untuk mendengar aku bicara. Mereka memanggilku ‘wanita dengan suara itu’,” ia mengungkapkan. Para pemuda juga datang untuk mencemooh Clarke.


Akhirnya, yang bisa dilakukan ibu empat anak itu hanya menjadikan kelainannya sebagai lelucon. Ia menertawakan diri sendiri, terkadang mengerjai orang-orang dengan berpura jadi kekasih pria mereka.


Beruntung, suara maskulin Clarke tidak menghalanginya mendapatkan cinta. Ia akhirnya menikah dengan seorang kurir obat, John. Kini, selain punya empat anak ia juga sudah menggendong enam cucu.


“Pria tidak masalah dengan suaraku. Aku bahkan pernah dua kali menikah. Menurut mereka, suaraku berbeda. Itu unik,” kata Clarke bangga, seperti dikutip dalam laman Daily Mail. (ita)