Tips Tetap Bugar Selama Berpuasa




Kurma dan teh manis saat berbuka bisa membantu membuat tubuh tetap bugar selama puasa. (iStock)




Kurma dan teh manis saat berbuka bisa membantu membuat tubuh tetap bugar selama puasa. (iStock)



VIVAlife - Saat berpuasa, tubuh membutuhkan banyak nutrisi karena selama 13 jam tidak menerima asupan makanan. Cadangan makanan hanya tersedia hanya untuk 12 jam, maka tak heran bila tubuh lebih lemas dari biasanya.


Kepada VIVAlife, dr. Inayah Budiasti, MS, SPGK, ahli gizi, mengungkapkan tubuh harus memperbanyak vitamin dan mineral. Biasanya dua kandungan itu terdapat dalam buah dan sayur dengan aneka warna.


"Vitamin dan mineral sangat dibutuhkan untuk menunjang efisiensi kerja. Sedangkan buah dan sayur akan memperlambat pengosongan lambung sehingga memberi rasa kenyang lebih lama," paparnya.


dr. Inayah menyarankan agar memilih buah dengan kandungan air yang banyak seperti apel, pir dan melon. Itu membantu menahan rasa haus saat berpuasa. Ditambah hindari rasa manis, pedas dan kopi karena akan meningkatkan rasa haus.


Ia memberikan contoh menu untuk sahur dan berbuka. Saat berbuka, bisa diawali dengan meminum teh hangat dan mengudap kurma. Setelah solat magrib baru menyantap menu utama. Nasi, dengan lauk seperti daging atau ikan atau telur.


Setelah salat tarawih, Anda bisa melanjutkan dengan mengonsumsi sayur dan buah-buahan. Saat sahur, pastikan ikan, sayur dan buah tidak absen dari menu. (adi)