Exaholic, Sindrom Kecanduan Mantan Kekasih




Ilustrasi patah hati (iStock)




Ilustrasi patah hati (iStock)



VIVAlife - Lajang, coba ingat kapan terakhir Anda berhubungan asmara. Sudah berbulan-bulan dan Anda masih ingat detail mantan kekasih? Suaranya, parfumnya, atau hobi dan makanan kesukaannya.

Itu tandanya, Anda sulit berpindah ke lain hati. Generasi muda masa kini menyebutnya “susah move on”. Dalam istilah medis, itu disebut exaholic. Hubungan masa lalu masih menjadi candu bagi Anda.


Dr Lisa Bobby, seorang terapis menjelaskan, kondisi itu sangat umum. Anda tidak sendirian dalam lubang penderitaan itu. Namun, bukan berarti Anda tak dapat pulih dan terus menengok ke belakang.


“Para exaholic akan menggunakan kata-kata seperti ‘kehancuran’ dan berbicara tentang kerugian. Mereka cenderung berpikir obsesif tentang mantan kekasih,” kata Bobby seperti dikutip dalam Time.


Biasanya, lanjut Bobby, itu membuat para exaholic bermasalah dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang dipecat dari pekerjaan, jadi penyendiri, dan sebagainya. Baginya, terobsesi mantan sama berbahaya seperti penyakit ganas lainnya. Itu akan menggerogoti tubuh.


Demi simpati terhadap para lajang yang susah berpaling dari hubungan masa lalunya itu, Bobby membuat sebuah situs. Di sana, ada 12 langkah pemulihan agar Anda siap menghadapi hubungan baru.


Exaholics.com, nama situs yang ia canangkan, tumbuh amat pesat. Anggotanya kini mencapai 1.500 anggota. Setiap harinya, situs itu dilihat sekitar 10 ribu pengunjung. Mereka dapat saling berbincang.


Situs itu menyediakan ruang berbincang khusus agar masing-masing anggota dan pengunjung dapat saling menawarkan solusi dan mencurahkan isi hati. Terapis pengelola juga akan ikut andil soal tips.


“Kalau saja ada pil yang bisa menyembuhkan itu semua. Sampai pil itu tersedia, kami harus berjuang keras dan itu tidak mudah. Bagi banyak orang, itu terasa menyakitkan,” kata Anna, seorang exaholic.


Sementara ia berjuang dan memang tak ada pil yang bisa menyingkirkan candu terhadap mantan kekasih, ia memilih ikut serta dalam Exaholics.com. Nyatanya, kini ia bisa dibilang pulih total.


Ini bukan situs pemulihan pertama yang dibuat Bobby. Sebelumnya, ia menerapkan 12 langkah pemulihan melalui situs serupa untuk para pencandu alkohol. Nama situs itu: Alcoholics Anonymous. (ita)