Aplikasi iPhone Ini Mampu Deteksi Kanker Kulit




Kanker kulit kini bisa dideteksi menggunakan aplikasi DermoScreen pada iPhone. (nowhereelse.fr)




Kanker kulit kini bisa dideteksi menggunakan aplikasi DermoScreen pada iPhone. (nowhereelse.fr)



VIVAlife - Kanker adalah salah satu penyakit berbahaya yang seringkali terlambat dideteksi oleh pasien. Banyak penderita kanker yang memeriksakan diri ke dokter, ketika penyakit mereka telah mencapai stadium akhir.


Namun, kini telah diciptakan sebuah aplikasi iPhone yang mampu mendeteksi kanker kulit. Ialah George Zouridakis, seorang profesor teknologi engineer di University of Houston yang menciptakan aplikasi canggih yang dinamakan DermoScreen tersebut.


Cara menggunakan aplikasi ini sangat mudah yakni hanya dengan mengambil foto kulit Anda. Aplikasi tersebut menggunakan lensa pembesar spesial yang dinamakan dermoscope yang akan mengambil foto kulit Anda dengan sebuah cara tertentu.


Setelah mengambil foto kulit Anda, aplikasi ini akan memberikan diagnosis dalam hitungan detik. Tingkat keakuratannya pun telah mencapai 85 persen. Angka ini hampir sama dengan tingkat keakuratan seorang ahli dermatologi.


Rahasia aplikasi ini mampu mendeteksi kanker pada kulit adalah dengan memeriksa pertumbuhan mencurigakan dan melihat jaringan kulit dengan lensa spesial tadi.


Saat in, aplikasi DermoScreen sedang dikembangkan lebih jauh untuk dapat memeriksa bakteri di Afrika bernama Buruli ulcer dengan bantuan dana sebesar US$412,500 dari National Institutes of Health. (asp)