Tantangan Menaklukkan Ombak Kidal di Pantai Lakey




Turis berselancar di Pantai Lakey, Nusa Tenggara Barat. (Antara/ Ahmad Subaidi)




Turis berselancar di Pantai Lakey, Nusa Tenggara Barat. (Antara/ Ahmad Subaidi)



VIVAlife - Coba ucapkan istilah “ombak kidal” di hadapan para peselancar. Mereka pasti akan tergiur seperti teriming-iming seporsi makanan super lezat. Istilah itu ibarat sengatan listrik bagi mereka.

Ombak kidal merupakan fenomena alam unik soal gelombang di laut. Tak seperti gelombang biasa yang menyapu ke kanan, ombak kidal menggulung ke kiri. Itu menggoda adrenalin para peselancar.


Tak sembarang pantai punya fenomena itu. Di Indonesia, ombak kidal bisa ditemui Pantai Lakey, sebelah Timur Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Sekilas, Lakey tampak seperti pantai cantik biasa.


Pasirnya putih panjang, dikepung karang nan indah. Gradasi warna biru jernihnya memanjakan mata. Di sepanjang pantai, berjajar deretan pohon nyiur yang tinggi menjulang. Khas pantai Indonesia.


Namun keunikan karakter gelombangnya membuat penasaran. Angin yang bertiup kencang juga menjadi tantangan tersendiri untuk menaklukkan ombak. Wind surfing dan kite surfing pun makin seru.


Mengutip laman Indonesia Travel, pantai itu pertama dieksplorasi oleh turis Australia tahun 1980. Ia menyebutnya sebagai pantai paling menantang. Pecahan gelombang lautnya menanti dijinakkan.


Tak hanya punya karakter unik yang ekstrem, ombak Pantai Lakey juga relatif stabil sepanjang tahun. Perubahan musim tak punya pengaruh terhadapnya. Karena itu Lakey sering jadi tempat kompetisi.


Pantai itu juga banyak didatangi turis mancanegara, seperti Amerika dan Australia. Mereka mengasah kemampuan berselancar. Meski ombak hanya setinggi 6-8 meter, itu karakter kidalnya menantang.


Kehidupan masyarakat yang bersahaja juga memikat. Di sore hari, para pelancong bisa bermain sepak bola di tepi pantai bersama anak-anak penduduk lokal, sembari menikmati matahari terbenam.


Tersedia pula perahu yang bisa disewa untuk menyusuri perairan. Di seberang Pantai Lakey, terdapat Pantai Ria yang unik dengan pasir berwarna kehitaman. Itu bisa jadi pemandangan yang berbeda. (ren)