KONSULTASI: Kebas di Bagian Tubuh Bisa Berbahaya




Kebas bisa disebabkan masalah saraf di bagian tubuh. (scientopia.org)




Kebas bisa disebabkan masalah saraf di bagian tubuh. (scientopia.org)



VIVAlife - Beberapa bagian tubuh bisa mendadak kebas tanpa sebab. Mungkin tidak berbahaya, namun bisa mengganggu aktivitas. Waspada, kebas itu mungkin berhubungan dengan masalah kesehatan.

Salah satu sebab yang mungkin, terjepitnya saraf di bagian tertentu. Simak tanya jawab pembaca VIVAlife dengan dr Rahajeng berikut.


Tanya:


Saya menderita kebas di kedua belah jari dan telapak tangan. Itu sudah berlangsung lebih dari 10 tahun . Saya sudah berobat ke lebih dari 10 dokter spesialis saraf di Jakarta.


Menurut hasil MRI, ada saraf terjepit di tiga ruang tulang leher saya. Oktober 2012, saya menjalani operasi mikro di daerah depan leher. Tetapi, sampai saat ini rasa kebas tidak berkurang.


Kira-kira apa penyebabnya? Terimakasih atas jawabannya.


Ruchjat Kosasih


Jawab:


Kebas bisa disebabkan terjepitnya bagian saraf di tiga ruang tulang leher Anda. Hal itu bisa terjadi karena kulit bagian kedua belah jari dan telapak tangan dihubungkan oleh saraf spinal bagian leher.


Akibat terjepitnya saraf spinal tersebut, transmisi impuls sensoris pun terganggu.


Menurut info yang Anda sampaikan, operasi telah dilakukan. Dalam referensi medis, operasi bertujuan mencegah komplikasi lebih lanjut dari terjepitnya saraf spinal tersebut. Beberapa komplikasi yang ingin dicegah: kelemahan otot dan atrofi (mati jaringan otot sehingga terjadi pengecilan otot).


Namun, terkadang gejala sisa seperti kebas memang tidak mudah hilang. Itu disebabkan gangguan transmisi impuls sensoris yang sudah terlanjut terjadi. Semoga bermanfaat.


dr. Rahajeng A.P.


MeetDoctor


***


Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id.


Masalah Anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.