Jakarta Diserbu Restoran Korea Selatan




Salah satu menu yang disajikan di School Food. (shoolfood.co.kr)




Salah satu menu yang disajikan di School Food. (shoolfood.co.kr)



VIVAlife - Demam korea tidak hanya menyerbu Jakarta dalam hal musik, drama, atau barang elektronik. Kini di Jakarta, semakin banyak bermunculan restoran atau kafe lisensi dari Korea Selatan (Korsel).


Jika dahulu, kafe atau restoran ini cuma bisa dinikmati lewat drama atau saat berkunjung ke Korea, kini cukup ke mal di Jakarta. Bahkan beberapa nama, mulai membuka cabangnya di luar Jakarta.


Menebeng hingar-bingar K-pop, beberapa restoran ini bahkan ada yang mengundang bintang-bintang dari Negeri Ginseng dalam acara pembukaan tempat baru mereka.


Contoh terhebohnya adalah Bibigo. Mereka mengundang salah seorang anggota Super Junior, Choi Siwon, makan siang di hari pembukaan restoran pertamanya di Pacific Place.


Kebetulan, sehari sebelumnya memang Super Junior menggelar Super Show 5 di MEIS, Ancol. Jadi, ia pun direkrut Bibigo untuk tinggal lebih lama dibanding anggota lain untuk acara pembukaan ini.


Hanya dalam hitungan jam, tak lama setelah Tweet dari Siwon yang mengindikasikan rencananya menghadiri pembukaan Bibigo, lantai 4 Pacific Place pun mendadak menjadi lautan manusia.


Serbuan restoran atau kafe asal Korea ini memang semakin banyak. Beberapa ada yang menampilkan makanan khas Korea. Ada juga makanan internasional. Namun ketika dikombinasikan dengan cita rasa Korea, menjadi paket makanan yang sangat digilai warga Korea.


Bibigo


Bibigo diluncurkan Mei 2010 oleh konglomerat makanan Korsel, CJ Food dengan target pengunjung restoran non-Korea. Konsep Bibigo menyajikan Hansik bergaya cepat saji (fast food). Artinya, bachan (makanan pembuka seperti kimchi) dan makanan utama disajikan dalam satu set.


Jadi, jangan harap bisa minta tambahan bachan lagi karena akan dikenai biaya. Selain itu karena disajikan dalam satu nampan, bachannya pun tidak bervariasi seperti di kebanyakan restoran korea.


Untuk menciptakan suasana modern, Bibigo juga menyediakan minuman beralkohol termasuk wine dan bar bagi yang tidak ingin bersantap makanan berat.


Menu andalan restoran ini adalah Tteok Galbi, Char-boiled meat, hot stone Galbi dan Dak-Galbi Hot Stone. Siapkan dana minimal Rp100 ribu per orang apabila ingin bersantap malam di sini.


Kyochon Chicken


Di Korea, camilan favorit mereka biasa disebut chimaek, yang merupakan singkatan dari chicken and maekju (bir). Saking populernya, banyak sekali restoran yang hanya berjualan ayam dan bir. Jika memesan ayam goreng di Korea, yang disajikan biasanya potongan sayap atau paha saja.


Salah satu restoran yang hanya berjualan chimaek ini adalah Kyochon Chicken. Di Seoul, restoran ini terletak di lokasi perbelanjaan setara Rodeo Drive di Beverly Hills bernama Apkujong.


Ketika pertama kali dibuka di Pacific Place, restoran ini selalu penuh dan ramai. Sulit sekali mendapat tempat duduk. Untuk menampung minat warga Jakarta, restoran tersebut berencana membuka cabangnya di Kota Kasablanka.


Ada tiga macam ayam yang wajib dinikmati di Kyochon, yaitu, rasa asli, madu, dan pedas. Jika datang beramai-ramai, akan lebih murah jika memesan ayam goreng dalam porsi besar --20 potong, Rp125 ribu--. Namun apabila ingin mencoba ketiga rasa, bisa mencoba porsi kecil yang isinya lima potong ayam.


Caffe Bene


Di Korea, Caffe Bene ini termasuk kafe baru yang berkembang pesat. Dalam waktu 4 tahun, 700 outlet tersebar di seluruh penjuru Korsel. Yang unik dari kafe ini adalah minuman andalan mereka, Misugaru. Minuman ini terbuat dari campuran biji wijen hitam, kacang hitam, ketan hitam, beras merah dan barley.


Selain itu, ada juga Patbingsu dalam ukuran gelas yang super besar dan ditata dengan begitu cantiknya. Patbingsu mirip seperti es campur di sini. Namun, campuran di dalamnya yang berbeda dengan apa yang dicampur dalam es campur.


Selain itu, ada juga waffel yang ukurannya juga super besar. Harga minuman dan camilan di kafe yang terletak di lantai dasar Lotte Avenue ini berkisar dari Rp35 ribu hingga Rp100 ribu.


Angel in-us Coffee


Kafe lokal yang tak kalah populer di Korea yang juga hadir di Jakarta adalah Angel in-us Coffee. Sesuai dengan namanya, kopi yang disajikan di kafe ini diharapkan seperti kopi yang dikirim langsung oleh para malaikat.


Menggunakan biji kopi arabica terbaik dan menggunakan sistem panggang yang menggantungkan biji kopi di udara (air roasting). Dengan demikian proses penyaringannya masih manual sehingga kualitas cita rasa kopi ditentukan oleh tangan penyeduh.


Pilihan teman kopinya juga bervariasi. Ada pilihan roti maple, waffles premium Belgia, bagels, muffins, dan sandwiches. Konsep interior kedai kopi pun sengaja didesain berbeda dari satu tempat dengan tempat lain. Namun, yang pasti mampir ke kafe ini, suasananya tidak akan berbeda jauh dengan Angel in-us Coffee di Seoul.


School Food


Bagi penggemar grup K-Pop mungkin restoran ini bukanlah nama asing. Restoran lisensi Korsel ini memang sering muncul di dalam program grup Exo’s Showtime. School Food Blooming Mari, begitu nama lengkap restoran ini, telah buka di Central Park dan Lotte Avenue Kuningan.


Konsepnya kurang lebih sama dengan Bibigo, hanya harganya sedikit lebih murah dibanding Bibigo. Menu andalan mereka adalah Kimbap dan Toppoki.


Hal unik dari restoran ini adalah sajian gelas minumannya yang berbentuk stoples. Pilihan minumannya juga bervariasi. Yang unik adalah orange squash -- tidak seperti kebanyakan yang menyediakan lemon squash -- di mana perasan jeruk yang dicampur dengan minuman bersoda.


Abraresto.com adalah situs yang mengumpulkan, mengorganisasi, sekaligus meresensi berbagai restoran yang bermanfaat bagi pengguna situs untuk menemukan tempat yang cocok.


Selain itu, manfaat lain adalah dapat melihat di mana teman pengguna bersantap dan mengetahui apa pendapat teman mengenai pengalaman bersantap di restoran tersebut. Abraresto.com dimiliki dan dioperasikan oleh perusahaan yang berpusat di Singapura, Abratable Pte. Ltd, yang juga mengoperasikan abratable.com di Singapura, platform reservasi restoran. (ita)


Laporan: Syanne Susita | AbraResto