Bekukan Waktu di Tengah Eksotisme Pulau Banyak




Pulau Banyak. (Sumatra Eco Tourism)




Pulau Banyak. (Sumatra Eco Tourism)



VIVAlife - Membayangkan pulau tropis privat? Hamparan pasir putih, lautan lazuardi, serta deretan pohon palem dengan suasana menyejukkan bisa menjadi milik Anda.


Pulau Banyak di ujung Sumatera, akan mewujudkannya. Letaknya dekat dengan Medan, sekitar 30 kilometer ke arah Barat dari Singkil.


Mengutip Lonely Planet, Pulau Banyak merupakan gugusan nusa yang jumlahnya sekitar 30-40 buah. Namun sejak tsunami melanda Aceh pada 2004, jumlah itu disebut-sebut berkurang.


Meski begitu, keindahannya sama sekali tidak tergerus. Pulau Banyak masih menyuguhkan pesona luar biasa. Karang eksotis dan pantai fantastis menjadi lokasi apik untuk snorkeling.


Lokasi itu juga menjadi favorit para peselancar. Kegiatan lain yang bisa dilakukan: menjelajah perairan dengan kayak. Bayangkan betapa asyik menyusuri pulau demi pulau sambil mendayung perlahan.


Laman Sumatra Eco Tourism menyebut, Pulau Banyak membuat Anda lupa waktu. Ia menyuguhkan suasana santai yang masih murni. Pulau-pulau di sana jarang penduduk.


Salah satu pulau besar lainnya yang patut dikunjungi adalah Pulau Bangkaru. Pulau itu tak berpenduduk dan dilingkupi hutan hujan yang seakan tak pernah tersentuh tangan manusia.


Selain panorama nyaris sempurna, Anda juga akan ditemani binatang dilindungi, seperti penyu dan kura-kura. Pulau itu merupakan tempat paling tepat untuk melepas anak-anak penyu kembali ke habitatnya.


Tak perlu khawatir soal fasilitas. Di Pulau Palambak, tersedia penginapan berkonsep bungalow. Pulau itu sendiri amat eksotis. Ia punya pantai sempurna, dengan hutan rawa dan bukit di tengahnya.


Atau, Anda juga bisa mendirikan tenda yang dibawa dari rumah. Soal perahu, sudah ada penduduk yang menyewakannya.


Untuk satu orang, bujet yang Anda butuhkan sekitar Rp1,5 juta. Itu sudah termasuk sewa perahu, makanan, minuman, dan akomodasi selama dua hari satu malam. (ita)