Interior di dalam toko Karl Lagerfeld. (karl.com)
Interior di dalam toko Karl Lagerfeld. (karl.com)
VIVAlife - Satu tahun belakangan ini, selfie menjadi kata yang sangat populer di dunia fotografi. Fenomenanya merebak bukan hanya di kalangan masyarakat biasa. Selebritas hingga pemimpin dunia pun kerap melakukan selfie.
Tak heran jika selfie masuk sebagai kata tahun ini di kamus Oxford. Dan kini, tren itu dimanfaatkan rumah mode dunia untuk menarik pengunjung.
Para pembeli kini bisa mengambil foto diri sendiri dengan kamera yang telah disiapkan khusus di ruang ganti butik. Sehingga mereka bisa langsung mengirim foto dan meminta opini kedua tentang baju yang dicoba.
Tren selfie di ruang ganti ini, dilakukan oleh desainer sekaligus Direktur Kreatif Chanel, Karl Lagerfeld. Ia memasang iPad di dinding ruang ganti di butiknya yang berlokasi di Regent Sreet, London, mulai Jumat, 14 Maret 2014 lalu. Bukan hanya bisa foto selfie, iPad mini yang terpajang di rak-rak display yang memungkinkan pengunjung untuk melihat koleksi terbaru secara online.
Selain di butik Karl, perpaduan teknologi dan fesyen juga dihadirkan oleh gerai Burberry. Namun bukan tren selfie yang disediakan oleh Burberry, melainkan cermin interaktif yang bereaksi terhadap microchip dalam informasi produk pakaian dan menunjukkan pada pembeli, tampilan busana itu di atas panggung mode.
Ruang ganti yang disebut Burberry Beauty Box yang baru-baru ini dibuka di Covent Garden, memiliki layar digital 4,8 meter yang menampilkan koleksi bulanan Burberry.
Rumah mode Inggris ini juga memiliki Digital Runway Nail Bar, yang menawarkan pengalaman virtual untuk mencoba koleksi warna kuku terbaru Burberry di catwalk. Pembeli bahkan bisa menyesuaikan warna kuku yang cocok dengan memasukkan info warna kulit. (umi)
Sumber: Daily Mail