Diciptakan, Sosis Menyehatkan dari "Kotoran Bayi"




Ilustrasi bayi. (istockphoto)




Ilustrasi bayi. (istockphoto)



VIVAlife - Sedikit menjijikkan memang, membayangkan kotoran bayi ada di piring Anda. Tapi itulah yang tengah diupayakan tim peneliti di Spanyol. Mereka sedang meracik sosis menyehatkan yang dibuat dari kotoran bayi.

Yang diambil bukan sembarang kotoran bayi. Melainkan, bakteri baik di dalamnya. LiveScience melaporkan, kotoran bayi mengandung probiotik yang bisa digunakan untuk membuat makanan menyehatkan.


Ilmuwan pun menguji bakteri dari 43 sampel kotoran bayi. Dari enam bakteri yang diuji, ada yang lantas digunakan membuat sosis fermentasi yang disebut “fuet”. Bakteri itu adalah Lactobacillus dan Bifidobacterium.


Tak hanya rendah lemak, sosis itu juga rendah garam.


Dibanding sosis dari bakteri biasa, yang dibuat dari kotoran bayi punya efek lebih menguntungkan bagi usus. “Kami memakan mereka, dan rasanya sangat enak,” kata Anna Jofre, pemimpin penelitian yang juga seorang mikrobiolog makanan di Spanyol.


Jelas saja, karena tidak ada secuil pun kotoran bayi yang benar-benar dimasukkan untuk membuat sosis. Yang diambil hanya bakterinya saja. Sosis itu pun bisa menjadi alternatif bagi orang yang alergi susu probiotik.


Sebab, keduanya sama menguntungkan. Beberapa di antaranya: membakar lemak perut, mengurangi depresi, melancarkan pencernaan, bahkan menjadi rahasia umur panjang.