Studi: Manusia Bisa Punya Penglihatan "Super"




Penglihatan super bisa dimiliki dengan mengoptimalkan fungsi mata. (iStock)




Penglihatan super bisa dimiliki dengan mengoptimalkan fungsi mata. (iStock)



VIVAlife - Manusia biasa kini bisa memiliki penglihatan ajaib seperti Superman. Tulisan yang berjarak 12 meter pun bisa terbaca dengan jelas. Caranya sederhana: melatih proses mental.


Aaron Seitz, seorang penulis percaya, jika ingin mengoptimalkan fungsi mental seseorang harus melatihnya dengan maksimal. Itu sudah terbukti pada fisik.


Saat seseorang ingin membentuk fisik, yang perlu dilakukan hanya melatih kebugaran secara optimal. Fitness, misalnya. Sama seperti fisik, mental pun ternyata bisa dilatih.


Untuk meningkatkan performa penglihatan, yang perlu dilakukan adalah berkonsentrasi membuat otot mata bekerja lebih keras. Tujuh relawan disiapkan untuk itu. Mereka diminta melihat layar komputer yang bertahap meredup, selama 25 menit per hari.


Hasilnya, rata-rata penglihatan meningkat sekitar 31 persen. Studi yang dilakukan di Amerika Serikat itu juga membuktikan tujuh relawan bisa membaca dalam jarak 12 meter, tiga kali lebih jauh dari normal.


Itu seakan membantah paradigma yang selama ini beredar, bahwa melihat layar komputer setiap hari buruk bagi mata. Kebiasaan yang dianggap negatif itu ternyata punya manfaat.


“Tujuan program ini, melatih otak agar lebih menanggapi rangsangan yang masuk melalui mata. Dengan melatih itu, kinerja mata ternyata bisa ditingkatkan tiga kali dari normal,” kata Seitz, dikutip dari Mirror. (art)