Menyingkap Ruang Misterius di Bawah Reruntuhan Benteng Skotlandia




Mingary Castle masih dalam proses restorasi. (mingarycastletrust.co.uk)




Mingary Castle masih dalam proses restorasi. (mingarycastletrust.co.uk)



VIVAlife - Ruang misterius di bawah reruntuhan sebuah benteng di Skotlandia berhasil tersingkap pertama kalinya dalam lebih dari 500 tahun. Ruang kecil dengan tinggi 1,8 meter tersebut ditemukan saat benteng bernama Mingary Castle itu dalam proses restorasi.


Seperti dilansir laman Daily Mail, para sejarawan tidak mengetahui apa fungsi dari ruangan tersebut. Namun sejumlah tulang ditemukan di sana. Sejarawan setempat, Jon Haylett, mengklaim bahwa ruangan itu belum tersentuh sejak awal abad ke-16.


Ruangan tersebut ditemukan saat pekerja melakukan restorasi di lorong dinding utara bangunan. Mereka menemukan sebuah jendela lanset - jendela melengkung tinggi dan sempit- di luar benteng yang tidak bisa dilihat dari dalam.


"Jadi kami mengasumsi ada ruang dan sekarang telah dikonfirmasi," Haylett.


Saat ini benteng dimiliki oleh Donald Houston dari Ardnamurchan Estate. Dengan biaya £2 juta, ia meminta arkeolog untuk mengembalikan struktur bangunan benteng ke masa kejayaannya.


Mengingat lokasinya yang terpencil di dekat Desa Kilchoan, benteng ini belum pernah disentuh semenjak runtuh dan ditinggalkan pada akhir aban ke-18. Benteng berbentuk heksagonal dengan tebal dinding 2,7 meter. Siasa-sisa struktur benteng masuk dalam daftar bangunan yang dilindungi. (adi)