Lebih "Tenar" dari Lady Gaga, Remaja Ini Jadi Jutawan YouTube




Bethany Mota, remaja pencinta fesyen asal California. (Facebook)




Bethany Mota, remaja pencinta fesyen asal California. (Facebook)



VIVAlife - Sekilas, Bethany Mota tampak seperti remaja 18 tahun biasa. Tak ada yang menyangka ia istimewa. Padahal, remaja asal California ini bisa dibilang “selebriti YouTube”.


Subscribe videonya di YouTube punya pengikut nyaris lima juta orang. Jumlah tepatnya 4.835.704. Ketenarannya bahkan melebihi Lady Gaga, yang jumlah subscribe videonya hanya 4.322.993.


Berkat itu, Bethany sukses meraup jutaan rupiah.


Apa yang membuatnya mendadak menjadi jutawan? Bethany rupanya gemar mengunggah video hasil belanja barang-barang fesyen.


Berlatar kamar tidur yang didekor dengan cantik, ia suka memamerkan barang-barangnya yang unik dan lucu. Ia memadupadankan busana, bereksperimen dengan tatanan rambut, make up, juga dekorasi kamar.


Videonya dikenal sebagai “haul channel”. Di YouTube, ia memasang header dengan tagline “Fashion. Beauty. Fun”.


Hobinya itu bermula sejak Bethany masih berusia 14 tahun. Keakrabannya dengan YouTube diawali dari perlawanan terhadap bullying di sekolah. Bethany tak mau bertemu dan berbicara dengan orang lain.


Ia kemudian menjadikan YouTube sebagai sarana “etalase” diri. “Hai, aku Bethany. Aku seorang pecandu YouTube,” begitu ia menggambarkan dirinya di akun pribadi media sosial, seperti dikutip Daily Mail.


Ia bagaikan ratu lebah. Setiap busana atau aksesoris yang dibelinya dan diunggah ke YouTube, langsung menjadi tren. Bagi jutaan pengikutnya, apa yang dikenakan Bethany adalah yang paling modis.


Bukan hanya YouTube yang memfasilitasi popularitas Bethany. Di Instagram, pengikutnya mencapai dua juta. Itu lebih banyak dari pengikut Vogue, Elle, Marie Claire, Glamour, dan Cosmo jika digabung.


Dengan posisinya yang begitu kondang itu, Bethany sangat potensial berbisnis. Ia menjadi duta beberapa produk fesyen, seperti Aeropostale, JC Penney dan Forever 21.


Namun, Bethany ternyata bukan sosok yang benar-benar sosial. Setiap ada waktu luang, ia lebih memilih mengurung diri di kamar dan menonton videoselebriti di YouTube.


“Lebih nyaman tidak melakukan apa-apa,” katanya pada Business Insider. Mungkin dari situlah ia bisa mendapatkan inspirasi soal video terbarunya. (ren)