Kakek-Nenek Ini Pecahkan Rekor Lari Maraton




Janette Murray-Wakelin dan Alan Murray. (facebook/Running Raw around Australia 2013)




Janette Murray-Wakelin dan Alan Murray. (facebook/Running Raw around Australia 2013)



VIVAlife - Usia seringkali menjadi penghambat gerak seseorang. Namun, hal tersebut tak berlaku bagi pasangan Janette Murray-Wakelin (64) dan Alan Murray (68). Dilansir Huffington Post, keduanya berhasil mengelilingi Australia dengan melakukan lari maraton selama 365 hari.


Bahkan dalam website resmi mereka, keduanya mengklaim bahwa tepat pada hari pertama tahun 2014 mereka telah memecahkan rekor dunia sebagai pelari maraton 366 hari. Menurut halaman facebook mereka, jarak yang telah mereka tempuh adalah 9.776.75 mil.


Keduanya lalu membocorkan kiat suksesnya, yakni asupan makanan sehari-hari. Mereka melakukan diet vegetarian yang mencakup konsumsi beberapa buah pisang sehari.


Janette Murray-Wakelin dan Alan Murray


"Kami lebih sehat secara fisik dan memiliki energi tak terbatas di luar usia 60 tahun dibandingkan tahun-tahun kami sebelumnya," tulis mereka di situs web, RunningRawAroundAustralia.com.


Pasangan Murray yang telah menikah lebih dari 43 tahun tersebut mengatakan bahwa tujuan mereka ikut ajang lari ini untuk menginspirasi orang lain membuat pilihan gaya hidup. Keduanya juga ingin mengkampanyekan gerakan cinta lingkungan demi masa depan yang berkelanjutan.


Sebelumnya, pada tahun 2001, Janette Murray-Wakelin telah didiagnosis kanker payudara. Meski dikatakan bahwa hidupnya hanya akan bertahan selama enam bulan, dia berhasil mematahkan pendapat para dokter dengan memperpanjang masa hidupnya. Janette melakukan perubahan diet dan gaya hidup, dan dapat hidup hingga sekarang. (eh)