FOTO: Menilik Festival Memancing Paling Dingin di Dunia




Ikan dipancing dari lubang yang dibuat pada lapisan es setebal 40 cm. (Reuters)




Ikan dipancing dari lubang yang dibuat pada lapisan es setebal 40 cm. (Reuters)



VIVAlife – Bagaimana cara Anda menikmati liburan musim dingin? Bermain ski atau membuat boneka salju sudah biasa. Di Korea Selatan, para penduduknya menghabiskan musim dingin dengan memancing di atas es.

Festival tahunan yang bernama Hwacheon Mountain Trout Festival itu memang selalu digelar pada bulan Januari, ketika sungai Hwacheon di wilayah Provinsi Gangwon sepenuhnya membeku. Apa yang membuat festival tahunan itu begitu populer? Tentu saja kompetisi memancing gaya bebas yang menjadi acara utama festival.


Jutaan pengunjung memenuhi sungai Hwacheon yang membeku, melubangi lapisan es setebal 40 cm, lalu memancing ikan dengan beragam gaya. Ada yang menggunakan alat pancing tradisional, dengan kait dan benang, ada yang menggunakan alat pancing modern lengkap dengan rotor pemutar otomatis, ada juga yang memancing dengan tangan kosong. Pesertanya pun tidak dibatasi usia, semua boleh ikut, mulai anak-anak hingga dewasa.


Tahun ini, dilansir Daily Mail, penyelenggara Hwacheon Mountain Trout Festival berharap partisipan yang ikut berjumlah lebih dari satu juta orang. Adapun guna memastikan setiap orang sukses memancing banyak ikan, penyelenggara menambah 32 ton ikan hidup ke sungai setiap harinya.


Pemenang festival tentu saja ditentukan lewat jumlah ikan yang berhasil ditangkap. Yang terbanyak, membawa pulang piala kehormatan. Selain memancing, para partisipan juga bisa sekaligus berwisata bersama keluarga, karena penyelenggara menyediakan banyak stand untuk memasak ikan hasil tangkapan.


Festival yang setiap tahunnya ditutup pada 26 Januari tersebut juga menyelenggarakan kegiatan olahraga musim dingin lainnya seperti lomba seluncur es, kompetisi membuat boneka dan patung salju, serta sepakbola es. Keunikan lainnya, lokasi Hwacheon Mountain Trout Festival hanya berjarak 12 mil dari zona bebas militer yang memisahkan Korea Selatan dan Korea Utara.


Berikut beberapa foto Hwacheon Mountain Trout Festival yang diabadikan Reuters:


Festival memancing Korea Selatan.

Jutaan partisipan mengikuti Hwacheon Mountain Trout Festival setiap tahunnya. Festival ini tidak hanya diikuti partisipan lokal melainkan juga jadi destinasi turis mancanegara.


Festival memancing Korea Selatan.

Memancing dilakukan dengan gaya bebas, baik menggunakan tangan kosong, alat pancing tradisional maupun modern. Dalam gambar, terlihat seorang pemancing memperhatikan ikan dalam lubang yang akan dia tangkap dengan tangan kosong.


Festival memancing Korea Selatan.

Pemenang festival memancing ini ditentukan dari jumlah ikan tangkapan terbanyak. Peserta festival juga bisa memasak ikan di stand-stand yang sudah disediakan penyelenggara di sekitar area festival.