Adat Bersantap Unik di Berbagai Negara




Di Kanada, terlambat datang ke jamuan makan karena berdandan adalah hal yang sangat sopan. (naynakalila.info)




Di Kanada, terlambat datang ke jamuan makan karena berdandan adalah hal yang sangat sopan. (naynakalila.info)



VIVAlife – Pepatah dimana tanah dipijak disitu langit dijunjung juga berlaku untuk urusan bersantap. Setiap negara memiliki budaya dan aturan tak tertulis yang jika dilanggar bisa membuat siapapun dianggap tidak sopan atau tidak berpendidikan. Di Indonesia, etika bersantap yang umum adalah tidak boleh bersuara saat mengunyah makanan, tidak boleh bersendawa, serta duduk harus sopan tanpa mengangkat kaki.


Bagi Anda yang gemar berkunjung ke negara lain, rasanya patut mengetahui beberapa etika bersantap unik di negara lain yang dikutip dari Foxnews:


Afghanistan

Di Afghanistan, saat roti terjatuh ke lantai sudah merupakan hal yang umum untuk mengambil roti tersebut dan menciumnya. Itu dilakukan semata-mata sebagai simbol untuk menghormati dan tidak menyia-nyiakan makanan yang telah diberikan oleh Tuhan.


Amerika Selatan

Di beberapa negara Amerika Selatan seperti Peru, Argentina, Chile dan Bolivia, sudah merupakan tradisi untuk menumpahkan minuman ke lantai saat akan bersantap. Biasanya sambil menumpahkan minuman, mereka akan mengatakan "Para la Pachamama." Kalimat tersebut merupakan kalimat yang ditujukan pada Pachamama, dewi kesuburan dan pertanian, untuk berterima kasih akan makanan berlimpah yang diberikan.



Kanada


Di beberapa negara, datang terlambat saat jamuan makan bersama keluarga atau kerabat adalah hal yang buruk dan patut dihindari. Namun, tidak di Kanada dimana datang terlambat ke jamuan makan adalah hal yang yang umum terjadi. Tetapi dengan catatan bahwa orang yang datang terlambat harus berpakaian rapi dan modis. Masyarakat Kanada cenderung menganggap orang datang terlambat demi berdandan untuk menghormati orang lain adalah hal yang sangat sopan.


Chile

Walaupun banyak negara di dunia yang masyarakatnya terbiasa menyantap makanan dengan tangan, di Chile hal ini dianggap sangat tidak sopan. Bahkan masyarakat Chile sama sekali tidak diperboleh menyentuh makanan dengan tangan.



China


Saat bersantap di restoran atau dijamu di rumah orang di China, makan dengan piring dan makanan yang berantakan di meja adalah hal yang harus Anda lakukan. Jangan heran, karena bagi masyarakat China, hal tersebut merupakan tanda Anda menikmati makanan yang disuguhkan. Selain itu, jangan lupa untuk menyisakan sedikit makanan di piring Anda untuk menandakan bahwa Anda sudah sangat kenyang dan sang tuan rumah telah memberikan makanan lebih dari cukup.