Wanita dengan Tumor di Wajah Kini Cantik




Seorang wanita di Polandia mendapatkan wajah baru usai menjalani prosedur transplantasi. (iStock)




Seorang wanita di Polandia mendapatkan wajah baru usai menjalani prosedur transplantasi. (iStock)



VIVAlife - Seorang wanita asal Polandia, Joanna, mendapatkan wajah baru usai menjalani transplantasi. Dalam operasi yang memakan waktu sekitar 23 jam, dokter berhasil mengangkat tumor di wajah Joanna dan menggantinya dengan kulit baru.


Untuk diketahui Joanna terkena penyakit langka neurofibromatosis. Ini merupakan kondisi genetik di mana tumor tumbuh di sekitar saraf wajah.

Dr Adam Maciejewski, dokter yang memimpin prosedur tersebut berharap transplantasi 80 persen kulit bisa mengembalikan fungsi wajah Joanna. Sementara itu Dr Anand Sanggar menambahkan, tumor diyakini tidak akan kembali karena kulit wajah baru diambil dari gen yang berbeda.


Dalam foto-foto yang dimuat laman Daily Mail, tampak wajah Joanna sebelum dan sesudah operasi. Meski masih terbaring di meja operasi, wanita berusia 26 tahun itu terlihat cantik dengan wajah barunya.


Ini bukan pertama kali Maciejewski melakukan prosedur transplantasi wajah. Pada Mei lalu, ia dan koleganya melakukan operasi kepada seorang pria yang wajahnya terkena mesin pemotong batu. Operasi tersebut memakan waktu hingga 27 jam. (umi)