'Tarian' Spiderman dan Spongebob di Langit Amerika




Balon raksasa Spiderman di Macy's Thanksgiving Day Parade di New York. (REUTERS/Gary Hershorn)




Balon raksasa Spiderman di Macy's Thanksgiving Day Parade di New York. (REUTERS/Gary Hershorn)



VIVAlife - Biru langit New York mendadak dinaungi sesuatu yang besar dan gelap. Dari kejauhan tampak siluet Spiderman melesat. Di belakangnya, menyusul tawa khas Spongebob Squarepants sembari memainkan topi Santa Klaus.


Ekor Spongebob masih panjang. Ada Hello Kitty, Smurf, Pokemon, Buzz Light Year, Snoopy, sampai Paman Sam-nya masyarakat Amerika. Perlahan, mereka berbaris menyibak rapatnya jajaran gedung pencakar langit Sixth Avenue.


Itu bukan adegan sebuah film. Tokoh-tokoh kartun Amerika sungguh-sungguh tengah berparade. Mereka semua diwujudkan dalam 16 balon raksasa yang digiring puluhan manusia. Membawa simpul-simpul ikatan yang menahan balon, mereka mengitari blok-blok jalanan New York.


Di sisi-sisi jalan, masyarakat berkerumun dan bersorai. Anak-anak tertawa riang sambil menunjuk tokoh idola mereka. Parade itu memang tontonan yang tak layak dilewatkan. Itu merupakan kali ke-87 Macy’s Thanksgiving Day Parade digelar di Amerika.


“Aku selalu menonton parade ini sejak kecil. Ini hiburan favoritku. Dan semakin menjadi favorit ketika aku membawa anak-anak ikut serta,” komentar Sarah Baglio, pendatang dari Bronx, seperti dikutip laman CBS Local.


Angin yang bertiup kencang hari itu, 28 November 2013, tak dihiraukan para peserta pawai. Balon-balon raksasa mereka tetap menari-nari di langit. Meski lengan Spiderman sempat tersayat, ia tetap berlaku gagah sampai garis finish. Orang-orang yang cedera pun memilih berjalan terus.


Di pengujung pawai, sosok Santa Klaus muncul dengan bersahaja. Bersama sekarung besar hadiah dan kereta kuda, ia menutup parade dengan sempurna. Lambaian tangannya mengalahkan kehebohan yang diciptakan balon tokoh kartun dan aksi kelompok-kelompok drum band.


Riuh rendah Macy’s Thanksgiving Day Parade itu, dapat disaksikan melalui galeri foto ini .