Ibu Negara Kepincut Berlian Banjar




Berlian Cendrawasih incaran Ibu Negara. (VIVAnews/Ananda Putri Laras)




Berlian Cendrawasih incaran Ibu Negara. (VIVAnews/Ananda Putri Laras)



VIVAlife - Kilau berlian memikat siapa pun yang tersentuh pancaran sinarnya. Tak kalah dengan berlian-berlian Eropa, Indonesia juga memiliki berlian dengan kilau cahaya menggoda.


Keistimewaan tersebut ada pada berlian Banjar, batu mulia khas daerah Kalimantan Selatan. Berlian ini begitu kinclong, hingga Ibu Negara Ani Yudhoyono pun jatuh cinta dibuatnya.


"Berlian Banjar sangat cantik, di sana pun keberadaannya melimpah. Bahkan, saya pernah dengar kalau berlian ditemukan begitu saja di belakang rumah penduduk," kata Ani Yudhoyono pada acara pembukaan Indonesia Jewellery Show (IJS) 2013, Kamis 14 November 2013 di Balai Kartini, Jakarta.


Tahun ini, IJS 2013 mengangkat tema Mutumanikam Nusantara Indonesia guna lebih memperkenalkan kekayaan batu berharga Indonesia, termasuk berlian Banjar yang dikagumi Ibu Negara.


Berlian Banjar menjadi incaran karena kilaunya. Terbuat dari intan yang diproduksi oleh penambang di Martapura, Kalimantan Selatan, berlian ini kemudian diolah secara manual dengan tangan.


"Berlian digosok-gosok dengan tangan oleh para perajin, walaupun kerapihannya tidak sempurna. Namun, sentuhan tangan itu yang membuat berlian ini sangat berkilau. Lebih kinclong dari yang diproduksi di Eropa," kata Aisyah, pengusaha berlian Banjar.


Ani Yudhoyono terpesona dengan berlian Banjar yang didesain menyerupai Burung Cendrawasih. Berlian tersebut dirangkai dari berlian hijau, silver, kuning, dan emas. Berlian yang ditaksir Ibu Negara itu berharga Rp50 juta.


"Berlian bermacam warna ini alami, tanpa menggunakan pewarna. Khusus berlian dengan desain Burung Cendrawasih, harganya Rp50 juta," ujar Aisyah. (art)