Enam Cara Menikmati Kimchi




Burger Kimchi, salah satu cara menikmati kimchi (doc. BonChon Chicken)




Burger Kimchi, salah satu cara menikmati kimchi (doc. BonChon Chicken)



VIVAlife – Di Indonesia, Korea Selatan bukan hanya dikenal berkat popularitas K-Pop, tapi juga karena makanannya. Salah satunya, kimchi, yang menjadi hidangan kunci makanan Korea.


Kimchi merupakan sajian wajib berupa sayuran yang difermentasi. Kimchi bisa dibuat dari berbagai jenis sayur, yang paling terkenal adalah baechu kimchi atau kimchi dari sawi putih.


Terdapat berbagai cara untuk menikmati kimchi, berikut lima cara lezat menyantap kimchi yang berhasil dirangkum VIVAlife dari berbagai sumber:


Kimchi sebagai hidangan pedamping

Di Korea, kimchi merupakan hidangan pendamping yang akan selalu disajikan di meja layaknya garam dan merica di restoran mana pun. Kimchi dapat dinikmati dengan berbagai menu utama yang Anda pesan.



Nasi Goreng Kimchi


Nama aslinya adalah kimchi bokkeumbap. Sajian ini sangat terkenal di Korea. Membuatnya cukup sederhana, hanya perlu mencampurkan kimchi dengan nasi dan diberikan sedikit bumbu dan bahan-bahan kesukaan Anda kemudian goreng seperti nasi goreng.


Sup Kimchi

Di Korea, hidangan ini dikenal dengan nama kimchi cigae. Tidak hanya sayuran, dalam hidangan ini juga ditambahkan daging mulai daging sapi hingga ikan tuna yang ditumis bersama yang kemudian direbus dalam kaldu.


Pancake Kimchi

Kimchi ternyata dapat dibuat menjadi pancake. Dikenal dengan nama kimchi pajun di Korea, sajian ini mengkombinasikan kimchi dengan tepung, telur dan berbagai bumbu tambahan kemudian dimasak seperti pancake pada umumnya.



Kue beras kimchi


Sajian berupa kue beras khas Korea yang disiram dengan kimchi kuah kental ini bernama Tteokbukki. Sajian ini sangat mengenyangkan sekaligus menghangatkan badan. Kuahnya yang kental menguatkan rasa kimchi.


Burger Kimchi

Nah, bila biasanya burger berisi daging dan acar, sudah bisa ditebak, di burger ini acarnya diganti oleh kimchi. Rasa burgernya pun otomatis menjadi berbeda, dengan rasa asam yang menggigit, bercampur dengan sensasi gurih khas patty.


Nah, Anda suka yang mana? (umi)