Bahaya Letakkan Alat Elektronik di Kamar Anak




Alat elektronik bisa melemahkan otak anak. (http://jumpseek.com)




Alat elektronik bisa melemahkan otak anak. (http://jumpseek.com)



VIVAlife - Berniat memanjakan anak dengan segudang alat elektronik di kamarnya? Sebaiknya pikirkan dua kali. Sebuah studi menunjukkan, televisi, komputer, video game, dan ponsel di dalam kamar dapat merusak kinerja anak di sekolah.


Sebab, adanya beragam alat elektronik itu mengajarkan otak anak melihat kamar sebagai zona hiburan, bukan tempat tenang untuk istirahat.


Studi menemukan, sekitar 70 persen remaja punya televisi pribadi di kamar tidur mereka. Akibatnya, waktu istirahat pun berkurang.


Menurut penelitian yang dilakukan Dalhousie University, Kanada, kehilangan satu jam tidur dapat memengaruhi kinerja anak di sekolah. Kosentrasi anak pecah karena mereka kurang tidur. Kemampuan memori pun melemah.


“Tidur cukup dapat menghasilkan stabilitas emosional dan suasana hati yang lebih positif. Semua itu bisa meningkatkan keberhasilan akademis,” kata Dr Jennifer Vriend, psikolog yang memimpin penelitian, seperti dilansir laman Telegraph.


Keberadaan video game pun dapat menimbulkan masalah. Ketika anak sering memainkan game tentang kekerasan di kamar, otak akan menganggap kamar sebagai tempat berbahaya. Perasaan nyaman untuk tidur pun berkurang.


Tak jauh berbeda dengan adanya ponsel di sekitar anak saat tidur.


“Penyebab terbesar kurangnya tidur adalah teknologi. Yang sudah tidur teratur pun sering terganggu dengan dering ponsel yang tak henti sepanjang malam,” ujar Jennifer lagi. Itulah yang menyebabkan otak melemah dan prestasi terganggu. (ren)