Lawan Penyakit dengan 7 Ramuan Tradisional Jepang




Jahe, salah satu bahan ramuan yang dipercaya bisa meredakan sakit kepala. (goodbabyguide.com)




Jahe, salah satu bahan ramuan yang dipercaya bisa meredakan sakit kepala. (goodbabyguide.com)



VIVAlife - Batuk, flu, demam, dan sakit kepala dianggap penyakit yang enteng karena kerap menyerang tubuh manusia. Namun, jika tak segera diobati itu bisa sangat mengganggu. Obat yang dimaksud tak harus melalui proses kimiawi.


Di Jepang, masyarakat terbiasa dengan pengobatan sederhana untuk mengatasinya. Dari masa ke masa, masyarakat Negeri Sakura menggunakan bahan-bahan alami untuk membuat ramuan tradisional. Ramuan itu dipercaya mujarab mengobati beberapa penyakit sepele.


Mengutip laman Rocket News, berikut tujuh resep ramuan yang mungkin bisa diadopsi.


Acar Buah Plum


Diyakini, acar buah plum efektif meredakan demam dan flu. Cara membuatnya, cukup rendam buah plum dengan air cuka selama beberapa hari. Jika sudah menjadi acar, panggang dengan api sedang hingga warnanya berubah kehitaman.


Biasanya, ia dicampur dengan teh hangat. Ramuan itu akan membuat peminumnya berkeringat sehingga suhu tubuh menurun.


Acar Buah Plum


Daun Bawang Bakar


Daun bawang tak hanya bisa digunakan sebagai bahan masakan. Batangnya yang berwarna putih, juga bisa melancarkan peredaran darah, meredakan inflamasi, dan menyembuhkan flu. Yang perlu dilakukan hanya memotongnya, lalu membakarnya hingga agak gosong. Yang dikonsumsi adalah bagian dalam dari batang putih itu.


daun bawang




Kacang Gingko


Kacang ini memiliki kulit yang agak tebal dan berwarna putih halus. Isi kacangnya sendiri berwarna hijau muda. Aromanya cukup kuat. Di Jepang, penderita batuk dan tenggorokan gatal biasa mengonsumsi kacang ini. Ia dimakan begitu saja, tak perlu diolah lebih dulu.


Kacang Gingko




Jus Lobak


Jus lobak dibuat tidak dengan menghancurkannya dalam blender. Sayur berwarna putih itu dipotong-potong lantas direndam dalam mangkok berisi madu. Diamkan selama dua sampai tiga hari, maka lobak akan mengeluarkan cairan. Itulah yang dipercaya ampuh meredakan batuk.


Lobak Putih




Akar Lotus


Bentuk tanaman ini mirip ubi jalar. Kulitnya berwarna putih kecoklatan. Saat dipotong, terlihat lubang di sekeliling umbinya. Masyarakat Jepang biasa memarut akar lotus dan mencampurkannya dengan kecap asin, jahe, dan air hangat. Ramuan itu efektif meredakan flu dan demam.


Lotus Root


Air Bawang


Untuk meredakan sinus atau hidung yang tersumbat saat pilek, masyarakat Jepang cukup menghirup aroma bawang bombay yang telah diiris bagian atasnya. Tak hanya itu, mereka juga lazim mencampurkan parutan bawang bombay dengan jahe, madu, dan air hangat untuk obat flu.


Bawang bombay


Jahe


Parutan jahe yang dicampur dengan minyak wijen, dipercaya masyarakat Jepang cocok mengobati sakit kepala. Jika sakit kepala menyerang, mereka langsung mengaplikasikan campuran ramuan itu di bagian kening. (ren)


Rempah jahe