Cokelat Sumber Energi Otak




Cokelat (theappledaily.wordpress.com)




Cokelat (theappledaily.wordpress.com)



VIVAlife - Sering melupakan hal-hal kecil bisa berdampak besar, hal ini kerap kali dikaitkan dengan faktor usia. Semakin lanjut usia seseorang, maka semakin menurun daya ingatnya.

Mencegah penurunan daya ingat tidak selalu dengan suplemen. Para ilmuwan di Harvard Medical School, menyarankan untuk menyeruput dua cangkir cokelat panas dalam sehari.


Agar bekerja dengan baik, otak membutuhkan lebih banyak energi dan aliran darah yang lebih besar. Hubungan ini disebut kopling neurovaskular.


"Dua cangkir kopi panas dalam sehari, baik untuk mencegah penurunan daya ingat pada orang tua. Kakao berfungsi menjaga aliran darah di dalam wilayah kerja otak," kata Farzaneh A Sorond, tim dari American Academy of Neurology, yang menulis jurnal penelitian tersebut.


Peneliti dari Harvard Medical School merekrut 60 orang tua untuk dikaji. Rata-rata berusia 73 tahun, mereka diminta meminum dua cangkir cokelat panas dalam sehari, selama 30 hari.


Setengah dari mereka meminum cokelat panas dengan kandungan

flavanol antioksidan yang tinggi, dan separuhnya meminum cokelat panas dengan flavanol antioksidan yang rendah. Peserta tidak diperbolehkan mengkonsumsi produk cokelat lain selama penelitian.


Sebelum dan setelah meminum cokelat panas, tim menguji keterampilan berpikir mereka dengan berbagai tes.


Hasilnya, peserta lebih cepat menyelesaikan tes setelah mengkonsumsi cokelat panas. Selain itu, kopling neurovaskular mereka juga meningkat 8,3%. Namun tidak ada perbedaan antara mengkonsumsi cokelat panas dengan flavanol antioksidan yang tinggi, maupun yang rendah.


"Ada korelasi yang kuat antara kopling neurovaskular dan fungsi kognitif, keduanya dapat ditingkatkan dengan mengkonsumsi kakao," lanjut Farzaneh A. Sorond, seperti yang ditulis Medical news today. (umi)