KONSULTASI: Latih Otot Perut Tanpa ke Gym




Latih otot perut bisa dilakukan dengan sit-up. (iStockphoto)




Latih otot perut bisa dilakukan dengan sit-up. (iStockphoto)



VIVAlife - Memiliki tubuh berotot tengah menjadi idaman sebagian para pria di Indonesia. Berbagai cara dilakukan termasuk pergi ke gym dan mengubah pola makan. Namun melatih otot, ujar dr. Zahroh Elvikri, sebetulnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Seperti apa? Baca selengkapnya tanya jawab pembaca VIVAlife dengan dr. Zahroh berikut ini.


Tanya:


Saya seorang laki-laki berumur 21 tahun dan berstatus mahasiswa. Saya bermasalah dengan badan saya yang selalu terlihat kurus. Saya ingin menambah otot di tubuh saya, sehingga terlihat besar atau atletis seperti olahragawan. Tapi saya tidak bisa fitnes karena padatnya jadwal kuliah dan organisasi yang saya ikuti di kampus.


Saya ingin meminta tips aktivitas fisik apa yang sebaiknya saya lakukan dan menu diet saya sehari-hari baiknya bagaimana dan kalau bisa saya minta contoh menu masakannya. Terima kasih tim dokter.


Aliyyan


Jawab:


Saya mengapresiasi usaha Anda untuk berperilaku lebih sehat dengan cara diet dan latihan fisik. Mulailah melakukan latihan fisik yang sederhana dan Anda sukai, misal jogging.


Jika Anda ingin terlihat atletis, Anda bisa latihan beban dengan target otot yang Anda inginkan. Misal jika ingin melatih otot perut, Anda bisa melatihnya dengan sit-up. Frekuensi latihan fisik yang baik adalah 3-5 kali per minggu dan minimal 30 menit. Untuk memulai latihan, jangan ‘ngoyo’ ya. Tapi harus disiplin. Saat olahraga, jangan lupa banyak mengonsumsi air putih.


Nah, sekarang masalah diet. Saya sarankan untuk mengonsumsi diet tinggi protein. Anda bisa berkonsultasi dengan dietician atau ahli gizi agar bisa dihitung berapa kalori yang Anda butuhkan tiap hari plus tambahan kalori agar berat badan Anda ideal. Jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan serat, dengan mengonsumsi sayur segar dan buah.


Contoh menu:


· Sarapan: Roti gandum dan susu, jam10 apel.


· Makan siang: sayur sop, ayam goreng, nasi,


· Sore: Yoghurt, makan malam: tumis brokoli, tahu ukuran sedang, nasi.


Semoga terus sehat ya. Salam.




Zahroh Elvikri


dr. Zahroh Elvikri


Meetdoctor


***


Anda memiliki masalah dan pertanyaan seputar kesehatan? Kirim pertanyaan Anda ke konsultasi@viva.co.id


Masalah anda akan dijawab oleh para dokter ahli. Pertanyaan yang dikirim sebaiknya ditulis dengan bahasa yang jelas, ringkas, dan sopan. Tim redaksi akan menyortir terlebih dahulu pertanyaan yang masuk. Pertanyaan pembaca yang dijawab, akan ditampilkan melalui artikel di VIVAlife.