Stinky Tofu, Tetap Diburu Meski Bau Busuk




Salah satu hidangan yang terbuat dari stinky tofu atau tahu busuk. (REUTERS/Pichi Chuang)




Salah satu hidangan yang terbuat dari stinky tofu atau tahu busuk. (REUTERS/Pichi Chuang)



VIVAlife - Bagi Anda yang pernah mengunjungi Taiwan pastinya sudah tak asing lagi dengan stinky tofu atau tahu busuk. Sesuai namanya, tahu ini memang memiliki bau busuk yang menyengat.


Meski aromanya tak bersahabat dengan hidung, tahu ini rupanya sangat populer di Taiwan. Antrean panjang selalu dijumpai di setiap outlet tahu busuk yang terletak di lorong-lorong sempit pasar. Biasanya tahu busuk ini diolah menjadi berbagai hidangan. Mulai dari direbus hingga digoreng, atau ditambah dengan acar kubis serta rebung.


"Sulit bagi hidung, tapi gampang di lidah," ujar salah seorang pengelola stan tahu busuk di Shenkeng Laojie, Chen, seperti dilansir kantor berita Reuters.


Chen yang sudah tinggal di kawasan Taipei selama 15 tahun, membuat hidangan tahu busuk panggang yang sudah disiram dengan saus asin dan disajikan dengan sayuran. Tekstur tahu buatannya menyerupai puding, lembut dan lumer saat disantap.


Varian berbeda dari hidangan tahu busuk juga bisa ditemui di Yong Feng Dage Restaurant. Restoran ini terletak di sebuah pasar malam di National Taiwan Normal University, Taipei pusat. Kulit tahu di restoran tersebut, lebih renyah namun masih memiliki tekstur yang kenyal di bagian dalam. Saat digigit, kecap akan menyembur keluar dari tahu.


Rahasia di balik aroma tak sedap tahu busuk ternyata terletak pada proses fermentasi yang memakan waktu hingga satu pekan. Restoran tahu busuk umumnya sangat menghindari resep mereka dari air garam, kubis China, teh untuk daging, udang, hingga susu.


Bahkan Jiaziyuan Restaurant di New Taipei City memberlakukan resep yang ketat. Restoran yang memiliki hampir 20 jenis tahu busuk tersebut menggunakan air pegunungan sebagai dasar bumbu dan tanaman obat China untuk menambah cita rasa.


Salah seorang pemilik restoran, Chen Laihao mengatakan, tahu busuk mengandung bakteri seperti yang terdapat pada yoghurt. Salah satu hidangan tahu busuk yang paling laris di restoran tersebut adalah sup mala. Hidangan ini terdiri dari tahu yang dicampur dengan kaldu paprika, jahe, jamur, dan kacang hitam.


"Banyak orang asing datang ke sini dan menolak menyentuhnya, tapi kemudian mereka terkejut saat merasakannya," ujar Laihao.


Seperti ragamnya, asal-usul tahu busuk sendiri memiliki beberapa versi. Namun, menurut SoyInfo Center di California, sebagian besar jenis tahu busuk berasal dari kawasan maritim, tenggara China.


Banyak legenda mengatakan, tahu busuk merupakan kuliner yang tidak sengaja dibuat oleh pedagang keliling yang ceroboh di zaman Dinasting Qing, China. Ia tak sengaja meninggalkan tahu rebusnya selama beberapa musim dan menemukan bahwa tahu yang akhirnya memiliki bau busuk tersebut ternyata lezat.


Terlepas dari asal-usul sesungguhnya, kelezatan tahu busuk ini telah diakui dunia. Tahu busuk diketahui masuk dalam daftar makanan terlezat di dunia berdasarkan daftar CNN pada tahun 2011. (umi)