Empat Sajian Nikmat Berbuka Puasa di Turki




Salah satu menu berbuka puasa di Turki, Borek. (turkishcuisine.wordpress.com )




Salah satu menu berbuka puasa di Turki, Borek. (turkishcuisine.wordpress.com )



VIVAlife - Setiap negara dengan mayoritas penduduk Muslim pasti memiliki sederet santapan khas yang selalu hadir menemani saat berbuka puasa. Di Turki, masyarakat lokal menyebutnya dengan sebutan menu iftar.


Santapan untuk berbuka puasa banyak dijajakan di seluruh daerah di Turki. Jenisnya pun beragam dari yang asin hingga yang manis. Namun terdapat beberapa jenis santapan yang tak pernah dilewatkan masyarakat Turki untuk berbuka puasa.


Ingin tahu apa saja? Berikut santapan lezat berbuka puasa di Turki seperti dilansir dari berbagai sumber.



Pidesi


Santapan yang satu ini biasa disebut ramazan pidesi karena roti ini hanya ada di bulan Ramadan. Roti berbentuk bulat yang unik tersebut banyak dijual menjelang waktu berbuka puasa di seluruh sudut kota di Turki. Cita rasanya sebenarnya sama dengan roti tawar biasa. Umumnya masyarakat lokal menyantapnya bersama daging sapi, ayam, keju, kentang, jamur dan bahan-bahan lainnya.


Baklava

Nah, baklava termasuk santapan manis yang biasa menemani umat Muslim di Turki untuk berbuka puasa. Terbuat dari adonan phyllo, sejenis pastry khas Turki yang dicampur dengan kacang pistachio, gula dan air mawar, baklava menjadi santapan yang sangat istimewa. Cita rasanya yang manis dan gurih serta aromanya yang harum membuatnya menjadi santapan favorit di bulan Ramadan.


Gullac

Santapan manis lainnya yakni gullac yang juga hanya muncul selama bulan Ramadan. Santapan ini berupa lembaran pastry yang direndam dalam susu hangat kemudian disusun dan disajikan dengan taburan kacang kenari dan siraman air mawar.


Pastry yang dipakai biasanya terbuat dari adonan pati gandum. Namun seiring dengan berkembangnya kuliner Turki, masyarakat lokal juga menggunakan tepung jagung dan tepung terigu. Teksturnya yang kenyal dan rasanya yang manis membuatnya digemari berbagai kalangan di Turki dari anak-anak hingga orang dewasa.


Börek

Börek atau burek juga merupakan santapan ringan yang biasa dinikmati untuk berbuka puasa. Terbuat adonan phyllo yang disebut juga yufka, börek kemudian dibentuk kotak-kotak menyerupai martabak dengan isian keju, potongan daging atau sayur-sayuran. Di bagian atas, ditaburi biji wijen untuk sentuhan rasa dan aroma yang spesial. (eh)