VIDEO: Kuliner Barat dan Jawa Melebur dalam Steak Tongseng




Steak tongseng jadi salah satu menu sebuah rumah makan di Yogyakarta. (facebook.com/StationKulinerJavaSteakJogjakarta)




Steak tongseng jadi salah satu menu sebuah rumah makan di Yogyakarta. (facebook.com/StationKulinerJavaSteakJogjakarta)



VIVAlife - Menikmati menu steak tenderloin, sirloin ataupun chicken steak dengan saus jamur atau blackpepper mungkin sudah biasa di lidah Anda. Tapi bagaimana jika steak yang Anda makan memiliki cita rasa tradisional?


Sebuah warung makan di kawasan Wirosaban, Yogyakarta, menyediakan menu steak yang berbeda dari menu steak pada umunya. Warung dengan nama Java Steak ini, menyajikan menu steak brongkos, steak mangut dan steak tongseng yang merupakan perpaduan antara masakan barat dan kuliner khas Jawa.


Menu unik tersebut tidak hanya menjadi daya tarik dan sensasi tersendiri. Tapi juga membuktikan bahwa masakan jawa bisa menjadi sajian yang lezat dan lebih modern.


Proses pembuatan steak Jawa, memang agak berbeda dengan steak pada umumnya. Meski begitu, proses pembuatannya sangat mudah. Irisan daging sapi yang sudah dipukul-pukul dan diberi garam, dicelupkan ke tepung bumbu. Setelah itu dicelupkan ke telur dan lumuri kembali dengan tepung.


Terakhir, goreng daging sapi hingga matang. Seperti daging steak pada umunya, steak Jawa juga menggunakan hotplate. Daging yang sudah digoreng, diletakkan di hotplate yang sudah dipanaskan dan diberi margarin. Sebagai pelengkap tambahkan sayur buncis dan kentang. Kemudian siram steak dengan sayur brongkos lengkap dengan kulit melinjo.


Lihat videonya di tautan ini.


Proses serupa juga dilakukan pada steak mangut. Setelah steak yang sudah digoreng diletakkan di hotplate lengkap dengan kentang dan potongan sayur buncis. Beri siraman kuah masakan mangut dan tambahkan cabai mentah.


Seperti dilansir Topik ANTV, Umar sang pemilik warung mengatakan, sebagai penggemar steak, dia ingin memberikan pilihan baru kepada masyarakat. Dan ternyata steak Jawa yang disajikannya, sangat digemari konsumen.


"Saya berpikir, bagaimana kalau steak ini dikemas dalam bentuk lain. Diberi perpaduan antara daging sapi dengan sayur brontos ataupun sayur gulai, mangut, brongkos atau tongseng," ujarnya.


Tertarik mencoba? (umi)